Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taman Nostalgia, Taman untuk Para Lansia

Kompas.com - 09/11/2016, 18:40 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Pontianak membangun fasilitas taman baru yang dibangun di halaman Kantor Wali Kota. Taman yang akan dinamakan Taman Nostalgia itu rencananya akan dilengkapi dengan foto-foto Pontianak tempo dulu.

Melalui Taman Nostalgia ini, Wali Kota Pontianak Sutarmidji ingin mengajak masyarakat terutama yang lanjut usia (lansia) berusia 55 tahun ke atas atau pensiunan bisa bersantai menikmati masa tua dengan mengenang masa-masa muda sembari bernostalgia di taman tersebut.

Di taman itu, juga akan ditampilkan live music lagu-lagu keroncong, langgam, lagu-lagu daerah yang akan diisi oleh komunitas-komunitas daerah. Misalnya ada lagu daerah Melayu, Padang, Batak, Sunda, Jawa. Dayak, dan lain sebagainya.

"Kalau keroncong rutin, bisa sebulan sekali, bisa pula dua minggu sekali, tergantung pada komunitasnya nanti,” ujar Sutarmidji, Rabu (9/11/2016).

Saat ini, taman tersebut masih dalam proses pengerjaan dan rencananya akan diresmikan bertepatan dengan malam pergantian tahun 2017. Untuk itu, Sutarmidji mengajak para komunitas keroncong untuk segera mempersiapkan diri, sehingga ketika Taman Nostalgia yang diperkirakan tahun ini selesai dibangun, mereka sudah siap untuk tampil di taman itu.

"Rencananya, Taman Nostalgia akan diresmikan bertepatan malam tahun baru 2017. Taman ini nantinya akan menjadi wadah komunitas yang cinta musik keroncong maupun lagu-lagu daerah menyalurkan bakat dan hobinya,” papar Sutarmidji.

Sepanjang tahun 2016, Pemkot Pontianak menambah empat fasilitas taman untuk publik di Kota Pontianak sebagai tempat masyarakat berinteraksi atau bersosialisasi.

Taman Digulis yang berada di bundaran Untan Jalan Ahmad Yani yang ada saat ini juga akan dilengkapi dengan arena untuk anak-anak muda menyalurkan hobinya beratraksi sepeda BMX yang letaknya di area jogging track. Selain itu juga, taman akan dilengkapi arena bermain untuk anak-anak.

Sutarmidji menambahkan, penambahan fasilitas di taman digulis atau lokasi jogging track supaya lebih nyaman dan lebih menarik untuk masyarakat berkunjung ke taman itu. Kemudian Taman Alun Kapuas yang letaknya berada di depan Kantor Wali Kota.

Pemkot Pontianak juga melakukan penataan lanjutan untuk menambah fasilitas arena bermain anak-anak di taman yang lebih kenal dengan sebutan Korem ini.

Sementara itu, Taman Akcaya yang tengah dikerjakan pembangunannya, diperkirakan baru akan selesai pada tahun 2017. Taman yang terletak di Jalan Sultan Syahrir ini juga akan dilengkapi dengan area jogging track yang bagus dengan jarak atau panjang nya sama dengan Taman Digulis.

"Panjang atau jarak tempuh jogging track di taman Akcaya itu sama dengan yang ada di area Taman Digulis. Selain itu nantinya Taman Alun Kapuas, Taman Digulis dan Taman Akcaya juga akan dilengkapi dengan perpustakaan, baik dalam bentuk digital maupun buku-buku," kata pria yang disapa Midji ini.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com