Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jawa Barat Sabet Empat Penghargaan Nasional

Kompas.com - 04/11/2016, 16:40 WIB
M Latief

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) memperoleh empat penghargaan National e-Procurement Award atau terbaik secara nasional pada Rakernas Lembaga Kebijakan Pengadaan Pemerintah (LKPP) 2016 di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (3/11/2016) kemarin.

Empat penghargaan itu terdiri dua penghargaan individu kepada Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher sebagai Kepemimpinan Kepala Daerah dalam Transformasi Pengadaan Barang/Jasa Secara Elektronik serta Kepala Balai Layanan Pengadaan Barang/Jasa Secara Elektronik (LPSE) Ika Mardiah sebagai Pejuang LPSE yang Konsisten Sejak Awal Kehadiran LPSE di Indonesia.

Adapun dua penghargaan institusional kepada Pemprov Jawa Barat lainnya adalah Peran LPSE Provinsi serta Inovasi LPSE menyisihkan total 637 LPSE se-Indonesia.

"Semua pemda se-Indonesia bisa melakukan hal yang sama. Saya percaya leadership dan good will dari para pimpinan daerah seluruh Indonesia saat ini semakin baik. Atas pencapaian ini semoga Jabar selalu menjadi inspirasi bagi daerah lain," ujar Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, di Sukabumi, Kamis (3/11/2016).

Saat ini, jika diakumulasikan selama periode 2010-2016, total 16 penghargaan bidang E-Procurement Award diraih oleh Jawa Barat. Empat dari 16 penghargaan itu diantaranya diraih personal Gubernur Jabar dalam empat tahun terakhir berturut-turut.

Aher mengatakan, penghargaan tersebut untuk menegaskan komitmen dan itikad baik Pemprov Jawa Barat secara konsiten dan berkelanjutan dalam menciptakan pemerintah bersih.

Menurut Aher, bentuk kepemimpinan yang konsisten tersebut dibuktikan dengan kebijakan dan dukungannya kepada LPSE baik dari aspek kelembagaan, personil, dan anggaran.
Kebijakan dituangkan antara lain Struktur Organisasi dan Tata Kerja UPTD Balai LPSE diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 113 Tahun 2009, Tugas Pokok dan Fungsi Balai LPSE ditetapkan Pergub Nomor 55/ 2010, dan Penyelenggaraan LPSE diatur Pergub No 60/2013.

Pemprov Jawa Barat juga memberikan dukungan anggaran memadai bagi operasional LPSE, meningkatkan sarana dan prasarana LPSE, memberikan kebebasan berinovasi dalam koridor regulasi, serta mendukung diseminasi penggunaan SPSE dalam berbagai kesempatan.

"Sejak menjadi pilot project nasional tahun 2008, kami kuatkan LPSE Jawa Barat sebagai unit kerja struktural sejak tahun 2010 berupa Unit Pelaksana Teknis pada Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat," kata Aher.

Adapun penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brojonegero, didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono serta Kepala LKPP Agus Prabowo kepada Gubernur Jawa Barat Aher yang siang itu mendadak berhalangan hadir dan diwakili Kepala Dinas Komunikasi Informatika Provinsi Jawa Barat Anton Gustoni. National e-Procurement Award diberikan di hadapan sekitar 1.400 pegiat LPSE maupun tamu undangan dari World Bank, ADB, ICW, dan lainnya. 

Efisiensi melalui LPSE

Dukungan anggaran untuk Jawa Barat berbanding lurus dengan kinerja, karena efisiensi pengadaan terhadap Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pemprov Jabar kisaran 13-18 persen per tahunnya.

Hingga 28 Oktober 2016, efisiensi dari 1923 paket pekerjaan dari APBD Pemprov Jabar melalui LPSE mencapai 19,4% dengan pagu Rp3,91 triliun dan total penawaran Rp3,04 triliun sehingga efisien Rp732 miliar.

Pada 2015 lalu efisiensi tercatat sebesar 14,2% dari 2.401 paket pekerjaaan setelah total penawaran mencapai Rp3,52 triliun dari total pagu Rp4,24 triliun sehingga terjadi selisih Rp584 miliar.

Secara keseluruhan, dalam periode 2008-2016, dari total 21.652 paket APBD Provinsi Jabar sudah terjadi rerata efisiensi tahunan 13,03% atau setara Rp3,9 triliun berupa selisih dari pagu Rp28,246 triliun dikurangi total penawaran Rp23,858 triliun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com