Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Korban Kapal TKI Tenggelam, Gubernur NTB Kirim Tim ke Batam

Kompas.com - 03/11/2016, 14:12 WIB
Karnia Septia

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) M Zainul Majdi mengirim tim untuk mengidentifikasi para TKI yang menjadi korban kapal tenggelam di perairan Nongsa, Kota Batam, Provinsi Kepri.

"Dinas Sosial sama Kesbangpol ke sana untuk mengecek detail warga kita yang diberitakan ada musibah. Semalam sudah saya tugaskan mungkin pagi ini berangkat," kata Zainul di Mataram, Kamis (3/11/2016).

Dia mengatakan, pihaknya belum mengetahui secara pasti berapa jumlah korban TKI asal NTB yang selamat maupun korban yang meninggal dunia.

Menurut data sementara, ada sebanyak 23 orang TKI NTB yang menjadi bagian dari penumpang kapalnahas tersebut. Sampai saat ini ada 40 lebih orang yang masih dalam pencarian serta 18 orang ditemukan meninggal dunia.

"Kita mau cek keseluruhan yang selamat berapa dari NTB, yang musibah berapa. Mudah-mudahan tidak ada atau tidak banyak yang terkena musibah," katanya.

"Termasuk juga saya mau mengecek itu yang berangkat ini apakah legal atau tidak, karena kalau legal setahu saya bukan jalur itu," tambah dia.

Zainul menyebutkan, jika ada TKI asal NTB yang teridentifikasi meninggal dunia, pihaknya berharap untuk secepatnya dipulangkan ke daerah asalnya masing-masing agar segera dimakamkan.

Baca: BNP2TKI Kawal Pemulangan TKI Ilegal Korban Kapal Tenggelam di Batam

Terkait musibah yang menimpa para TKI, Gubernur NTB berjanji akan memberikan bantuan uang duka dan doa untuk korban TKI yang meninggal dunia.

Diberitakan sebelumnya, kapal yang ditumpangi puluhan TKI yang bertolak dari Johor, Malaysia menuju Batam dihantam ombak dan terbalik hingga mengakibatkan penumpang jatuh ke laut.

Sebanyak 39 orang berhasil menyelamatkan diri ke salah satu rumah warga di Pantai Memban Nongsa dan sisanya sampai saat ini masih dilakukan pencarian.

Hingga Rabu malam, tim SAR menemukan sebanyak 18 orang jenazah TKI korban kapal tenggelam di perairan Nongsa, Kota Batam, Provinsi Kepri pada Rabu (2/11/2016). 

Baca: 18 Jenazah Korban Kapal TKI Tenggelam Ditemukan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com