Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Trans Poso-Tentena Rusak Berat

Kompas.com - 31/10/2016, 15:22 WIB
Mansur

Penulis

POSO KOMPAS.com – Belum genap 1 tahun,  kondisi jalur trans Sulawesi  Poso-Tentena di Desa Kuku dan Desa Sangira Kecamatan Pamona Utara, Sulawesi Tengah,  sudah rusak parah. Warga yang melewati daerah tersebut harus ekstra hati-hati supaya tidak mengalami kecelakaan.

Kondisi jalan di daerah tersebut terdapat lubang besar dan kecil yang digenangi air.

Fery (43), warga Desa Kuku,  menyebutkan,  setiap saat melintas jalan tersebut khawatir karena kondisi jalan yang rusak tersebut.

"Kondisi jalanan yang rusak berlubang sudah lama, apalagi sudah banyak korban yang celaka," kata dia kepada Kompas .com,  Senin (31/10/2016).

Jalur trans Sulawesi antara Desa Kuku dengan Desa Sangira tersebut rampung dikerjakan oleh PT Tunggal Mandiri Jaya (TMJ) pada November 2015 lalu dengan anggaran APBN sebesar Rp 54 miliar .

Fery menyebutkan, jalan dengan anggaran mencapai puluhan miliar itu tidak selayaknya dibiarkan dalam kondisi berlubang atau terkesan pembiaran padahal statusnya masih dalam pemerliharaan.

"Persoalannya, sampai kapan kerusakan tersebut berlangsung? Apakah tunggu ada korban yang jatuh lagi?" ujar dia.

Keluhan yang sama juga dilontarkan Kede (50), warga Tentena. Apalagi sebut dia, pada 2-5 November 2016 akan di gelar Festival Pesona Danau Poso (FPDP) di Tentena, akan banyak kendaraan melintasi jalan rusak tersebut.

Menurut dia,  kerusakan jalan itu sudah sejak Maret 2016 .

"Aneh juga jalan ini sudah lama rusak parah namun tidak ada teguran dari pihak Inspektorat atau minimal diperbaiki. Sampai saat ini belum juga ada niat baik pihak kontraktor untuk memperbaiki," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com