Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Ini Memilih Bekerja Sampingan Menjadi Penjual Bumbu

Kompas.com - 27/10/2016, 07:52 WIB

JOMBANG, KOMPAS.com – Sosok polisi inspiratif seperti Brigadir Polisi Kepala (Bripka) Seladi, anggota Polresta Malang yang menghebohkan dunia maya karena nyambi jadi pemulung, ternyata juga ada di Jombang.

Bedanya, jika Bripka Seladi nyambi jadi pemulung, sosok polisi di Jombang ini bekerja sampingan menjual bumbu dapur instan.

Baca: Bripka Seladi Pilih Menyambi Jadi Tukang Sampah daripada Terima Suap

Dia adalah M Khamim (45), polisi berpangkat Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu) yang saat ini bertugas di Polsek Wonosalam, Polres Jombang.

Setiap hari, anggota korps berseragam coklat tua dan muda ini keliling memasok ratusan bungkus bumbu dapur instan ke sejumlah pasar yang ada di Kabupaten Jombang. Pekerjaan sambilan ini sudah dijalaninya selama 15 tahun.

Ditemui di Pasar Peterongan Jombang, Aiptu Khamim berkisah, sengaja memilih kerja sampingan sebagai penjual bumbu sekitar 15 tahun silam saat ingin memiliki rumah untuk keluarga kecilnya.

“Padahal gaji saya saat itu hanya cukup untuk kebutuhan rumah tangga sehari-hari. Saat itulah saya mulai mencari penghasilan tambahan untuk bisa membangun rumah impian kami. Dan akhirnya saya pilih menjajakan bumbu dapur," kisah lelaki kekar ini, Rabu (26/10/2016).

Awalnya, sungguh susah memasarkan bumbu dapur instan yang dia ambil dari perusahaan pembuat bumbu instan di Sidoarjo itu. Sebab saat itu masyarakat belum akrab dengan bumbu instan.

Namun hal itu tidak membuatnya patah semangat. Dengan sepeda motor miliknya, dia harus berpanas-panas menawarkan bumbu dapur instannya ke pedagang di pasar-pasar maupun warga di permukiman-permukiman.

“Itu saya lakukan sebelum bertugas maupun sesudah lepas dinas,” kisah Khamim,

Padahal jarak tempat tinggalnya dengan tempatnya bertugas cukup jauh, yakni dari Kabupaten Sidoarjo menuju Kabupaten Jombang, atau sekitar 35 kilometer.

Kini setelah perjuangan selama 15 tahun, pelanggannya cukup banyak, baik pedagang di pasar maupun rumah tangga.

“Saya berangkat dari rumah sekitar pukul 03.00 WIB dan sampai di pasar-pasar sekitar pukul 05.00 WIB. Salat subuh saya lakukan di masjid yang saya lalui. Itu saya lakukan agar tidak mengganggu dinas saya sebagai polisi," paparnya.

Karena profesi sampingannya sebagai penjual bumbu instan, teman-teman sesama polisi memberi predikat sebagai ‘polisi bumbu’.

“Tapi saya tidak pernah memasalahkan. Teman - teman di kantor semua memahami kondisi saya,” terang bapak dua anak ini.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com