Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagi-bagi Uang kepada Pemulung, Bripka Seladi Berpesan agar Jauhi Narkoba

Kompas.com - 07/08/2016, 12:34 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Brigadir Kepala Seladi, anggota Satlantas Polres Malang Kota yang punya pekerjaan sambilan sebagai pemulung, berpesan kepada para pemulung tidak disalahgunakan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab

Menurut Seladi, pemulung berada di kasta terendah secara ekonomi dan gampang terpengaruh dengan janji pendapatan besar, misalnya untuk mengedarkan narkoba.

"Orang-orang kayak gitu kan gampang dipengaruhi. Diiming-imingi uang banyak kan pasti mau, tapi kasihan," kata Seladi di sela-sela pembagian sumbangan kepada pemulung di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Lowok Doro, Kota Malang, Minggu (7/8/2016).

Ada sekitar seratus pemulung di TPA Lowok Doro yang mendapatkan uang pemberian dari Seladi. Uang itu, kata Seladi, merupakan santunan yang diberikan dari gaji pokok Ketua DPR Ade Komarudin dan Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo.

(Baca juga Seladi Si Polisi Jujur Berikan Uang Hadiah dari Ketua DPR kepada Pemulung)

Seladi selalu memberikan bimbingan kepada para pemulung di kota tempat tinggalnya tersebut. Ia meminta supaya para pemulung tidak terpengaruh pekerjaan buruk, apalagi dengan janji-janji uang banyak.

"Saya informasikan di sini, jangan sampai saudara-saudara saya ada yang terpengaruh dengan iming-iming uang yang besar," katanya.

Kepada para pemulung tersebut, Seladi juga menyampaikan agar mereka tidak terlibat dalam transaksi narkoba, baik sebagai pemakai, pecandu, atau bahkan pengedar narkoba. Selain karena hukumannya berat, narkoba juga merusak diri sendiri dan keluarga.

Ia berpesan, biasanya para bandar narkoba menyuruh pemulung untuk mengantarkan pesanan narkoba dengan upah yang dijanjikan besar.

"Karena orang-orang seperti ini kan pendidikannya kurang, komunikasinya kurang. Jangan sampai teman-teman pemulu berurusan dengan jual beli narkoba," ujarnya.

Seladi dikenal sebagai polisi jujur karena tidak pernah menyalahgunakan jabatannya, Seladi juga dikenal karena menjadi pemulung sebagai penghasilan tambahan.

Karena kejujurannya itu, Seladi mendapat penghargaan dari Kepala Polri Jenderal Badrodin Haiti dan Ketua DPR RI Ade Komarudin.

(Baca juga Hari Bhayangkara, Si Polisi Jujur Bripka Seladi Dapat Penghargaan dari Kapolri)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com