Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Belitung: Kapal Mafia Timah Hambat Industri Pariwisata

Kompas.com - 22/10/2016, 11:17 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

TANJUNG PANDAN, KOMPAS.com - Bupati Belitung Sahani Saleh mengungkapkan, masih banyak kapal milik mafia tanah yang "mengisap" potensi perairan Belitung sehingga bisnis dan industri pariwsata di kabupaten tersebut terhambat.

Sahani menyampaikan hal tersebut saat pembukaan Festival Belitung 2016 yang dihadiri Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Rustam Effendi dan Deputi IV Bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Maritim, Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Safri Burhanuddin, di Tanjung Kelayang, Sabtu (22/10/2016). 

"Padahal, sebagai Negeri Laskar Pelangi, Belitung punya potensi yang tidak kalah dibanding daerah lainnya. Letak geografisnya yang strategis, hanya satu jam dari Singapura merupakan nilai tambah tersendiri," ungkap Sahani.

Sahani mengeluhkan, kendati Belitung sudah ditetapkan sebagai Kawasan Pariwisata Strategis Nasional melalui Peraturan Presiden Nomor 6 Tahun 2016, namun masih berkeliarannya kapal mafia timah dinilai bisa menggagalkan program tersebut.

"Program ini akan percuma karena kapal mafia timah masih mengobok-obok potensi pariwisata Belitung," imbuh Sahani. 

Untuk itu, Sahani berharap, izin pengerukan timah dihapus sehingga kapal-kapal tersebut tidak lagi melewati perairan Belitung.

"Kerusakan laut sudah terlalu parah. Padahal yang mau kami jual adalah eco-wisata dengan kekayaan baharinya," ucap Sahani.

Festival Belitung 2016 sendiri merupakan rangkaian acara dan bagian dari Sail Karimata 2016. Dampak dari event tersebut sangat signifikan meningkatkan perekonomian Kabupaten Belitung.

Sahani mencontohkan, sektor yang terdampak event Sail Karimata 2016 dan Festival Belitung adalah perhotelan. Tumbuhnya perhotelan ini secara langsung membangkitkan aktivitas ekonomi masyarakat lokal.

"Setelah ini, kami akan menggelar acara pariwisata empat hingga lima kali dalam setahun," tandas Sahani.

(Baca juga: Batu Satam, Si "Hitam Manis" Ikon Ibu Kota Belitung)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com