Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puting Beliung Landa Desa Abar-abir, Sejumlah Rumah Warga Rusak

Kompas.com - 20/10/2016, 19:57 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com – Angin puting beliung melanda Desa Abar-abir yang berada di Kecamatan Bungah, Gresik, Jawa Timur, Kamis (20/10/2016) sekitar pukul 13.00 WIB. Angin berasal dari arah timur.

“Tiba-tiba saja angin berembus dengan kencang kemudian menerjang rumah saya dan rumah Pak Mujiono yang di tempati Haji Rowi,” tutur Ainur Rofik, salah satu warga yang rumahnya rusak, Kamis (20/10/2016).

Setelah menerjang rumah kedua warga tersebut, angin dengan cepat bergerak menuju ke arah barat, dengan menerjang warung milik Jalal, Rumah Makan Linda Jaya milik Pipit beserta kediamannya dan juga rumah milik Rozi.

“Bahkan, dari penuturan warga yang lain, angin sempat menerjang sebuah pohon dan mematahkan kemudian melemparkan sebagian dahannya ke tengah tambak yang berjarak sekitar 100 meter. Baru setelah itu angin menghilang,” ungkapnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik mencatat angin puting beliung tersebut mengakibatkan beberapa bangunan milik warga rusak.

“Tapi untuk kerugiannya kami belum dapat merinci, karena masih dalam tahap penghitungan, meski beberapa rumah mengalami kerusakan akibat bencana itu,” ucap salah seorang staf BPBD Gresik, Achmad Barirul Umam.

Rumah milik Ainur Rofik dan Mujiono, misalnya, mengalami kerusakan di bagian atap. Begitu pun dengan rumah milik Rozi yang juga digunakan sebagai toko bangunan, rumah Pipit yang digunakan untuk usaha kulinerm dan kediaman Jalal yang dijadikan tempat usaha warung kopi dan tambal ban.

“Untuk korban jiwa nihil, hanya kerugian materiil saja, mungkin sekitar puluhan juta. Tapi nanti lah akan coba saya hitung lebih rinci,” tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com