Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawanan Pelaku Curanmor Diringkus, Satu Orang Ditembak

Kompas.com - 17/10/2016, 17:53 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Aparat Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease meringkus kawanan pelaku pencurian kendaraan bermotor di Desa Tulehu Kecamatan Salahutu, Pulau Ambon, Senin (17/10/2016).

Para kawanan pencuri yang dibekuk ini yakni Nurholis Tumulaid (16), Moksin Lestaluhu (20) Mohammad Syaifulla (18), Irfan Sarimin (16), Fandi Tuasalamoni (17), Elias Sangadji (18), Wawan Lestaluhu (24), zulham Nahumaruri (18), Masud Lestaluhu (21), Moksin Lestaluhu (20).

Dari delapan orang yang ditangkap, Moksin terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas karena berusaha kabur saat hendak diamankan. Saat ini, para pelaku telah diamankan di kantor Polres Pulau Ambon.

“Petugas terpaksa melumpuhkan tersangka karena saat ditangkap dia kabur, jadi kita tembak dibagian kaki kirinya,” kata Kepala Satuan Reskrim Polres Pulau Ambon, AKP Baiquni Wibowo kepada waratwan, Senin (17/10/2016).

Operasi penangkapan para pelaku ini dipimpin oleh Baiquni sendiri. Menurut dia pihaknya berhasil meringkus kawanan pelaku curanmor ini berkat pengembangan yang dilakukan terhadap seorang tersangka yang ditangkap sebelumnya oleh aparat Polsek Tulehu.

“Setelah penangkapan itu, Polsek lalu berkoordinasi dengan kami. Jadi berawal dari pengembangan tersangka itu, kami kemudian menangkap tujuh pelaku lainnya,” ujarnya, Senin (17/10/2016).

Selain mengamankan para tersangka, dalam operasi itu Baiquni mengaku pihaknya juga berhasil mengamankan barang bukti hasil kejahatan para pelaku yakni tujuh sepeda motor berbagai jenis. Ketujuh sepeda motor itu kini telah ikut diamankan di Kantor Polres Pulau Ambon, sementara dua sepeda motor lainnya telah dijual para pelaku.

“Dari hasil pemeriksaan sementara ada dua pelaku yang bertindak sebagai penada dan ada beberapa pelaku yang masih berstatus pelajar,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com