Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Titik Longsor di Majene Menyebabkan Warga 6 Desa Terisolasi

Kompas.com - 10/10/2016, 22:16 WIB
Junaedi

Penulis

MAJENE, KOMPAS.com - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Majene beberapa hari terakhir membuat sejumlah titik di Kecamatan Ulumanda longsor. Tanah longsor di Ulumanda bagian gunung tersebut membuat daerah itu terisolasi.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Majene, ada 12 titik longsor di daerah tersebut yang tersebar di enam desa di pegunungan. Mulai dari Desa Kabiraan, Sambabo, Tandeallo, Panggalo, Ulumanda dan Desa Popenga.

"Sekarang itu di Ulumanda terisolir bagian atas (pegunungan). Semua akses terputus. Biar kendaraan roda dua tidak bisa juga lewat," kata Kepala BPBD Majene, Mansyur T, Senin (10/10/2016).

Camat Ulumanda, Burhan mengungkapkan, saat ini ribuan warganya terisolasi akibat longsoran tersebut. Titik-titik longsor berada di Dusun Lamuliang dan Ba'ba Sondong, Desa Kabiraan; Rura dan Sambabo, Desa Sambabo; Lombe dan Paku, Desa Tandeallo; Dusun Kolehalang, Desa Panggalo; Dusun Papparandangan, Desa Ulumanda; dan Dusun Urekang, Desa Popenga.

"Untuk Urekang, itu masih informasi masyarakat. Kita belum sampai ke sana meninjau. Parah sekali. Mulai dari Salutambung sampai kantor camat di Desa Kabiraan saja ada 4 titik longsor," kata Burhan saat dikonfirmasi.

Lanjut Burhan, saat ini pihaknya berada di lokasi.

Dandim 1401 Majene, Letkol Inf Rahman sore tadi melakukan kunjungan. Alat berat dari Dinas Pekerjaan Umum Majene saat ini dalam perjalanan menuju titik awal longsor.

"Mulai dibersihkan malam ini. Setidaknya motor dulu yang bisa melintas," tutur Burhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com