Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringati Tahun Baru Islam, Warga Gorontalo Arak Replika Kabah dan Patung Unta

Kompas.com - 02/10/2016, 09:22 WIB
Rosyid A Azhar

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com – Berbagai patung kabah, unta, dan atribut busana arab diarak oleh warga Kota Gorontalo, Minggu (2/10/2016). Mereka mengikuti pawai Hijraturrasul memperingati tahun baru Hijriyah.

Peserta pawai memenuhi Lapangan Taruna Remaja dan komplek pertokoan sehingga membuat jalan-jalan utama macet total dipenuhi kendaraan hias dan masyarakat di Kota Gorontalo.

Pawai ini terbagi atas 3 kategori, peserta jalan kaki terdiri dari anak-anak, sepeda hias dan kendaraan bermotor termasuk mobil hias.

“Ini adalah momentum untuk memperbaiki diri, meninggalkan kebiasaan lama yang tidak berguna dan menguatkan komitmen untuk lebih baik di tahun mendatang,” kata Wali Kota Gorontalo, Marthen Taha.

Peserta pawai hijraturrasul ini mengenakan atribut keislaman, membawa replika kabah, mengenakan baju muslim putih bersorban hingga membawa patung unta.

“Kami dan anak-anak senang melihat pawai unik ini, mereka bisa memahami sejarah hijrahnya Nabi Muhammad dari Kota Mekkah ke Madinah” kata Disty Dunggio, warga Kota Gorontalo.

Rute pawai ini berangkat dari rumah jabatan Wali Kota Gorontalo menuju ke arah Tugu Saronde yang kemudian terpencar sesuai dengan kategori peserta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com