Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Bandung Jalin Kerja Sama dengan Kota Chandler, Amerika Serikat

Kompas.com - 27/09/2016, 11:34 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Kota Bandung kembali dilirik investor luar negeri. Senin (26/9/2016) kemarin, delegasi pemerintah Kota Chandler dari Negara Bagian Arizona, Amerika Serikat, Kevin Hartke datang menemui Wali Kota Bandung Ridwan Kamil untuk membicarakan sejumlah poin kerja sama.

Ridwan Kamil mengatakan, agenda kerja sama itu masih dalam tahap penjajakan. Namun, ia menilai banyak hal yang bisa dikerjasamakan di Kota Bandung.

Menurut dia, Bandung merupakan kota kreatif dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 8 persen, salah satu yang tertinggi di Indonesia. Sebagian besar industri kreatif diramaikan oleh sektor KUKM.

"Minggu depan, kami akan membuka flag store Little Bandung di Malaysia, dua toko sekaligus, menunjukkan progresivitas Kota Bandung dalam membangun ekonomi kreatifnya, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di mancanegara," ucap Ridwan.

Dalam pemaparannya, Ridwan pun memberi gambaran salah satu bukti suksesnya kerja sama Kota Bandung dengan investor asal Amerika Serikat.

"Di Kota Bandung akan membangun industri untuk teknologi aerospace. Bukan untuk pasar Indonesia tetapi untuk pasar global bekerja sama dengan Amerika Serikat. Nilai investasinya mencapai 2 triliun rupiah," ungkapnya.

Kota Bandung, sambung Ridwan, tengah membentuk koalisi untuk membangun konsep kota cerdas di tiga benua, yakni Amerika, Eropa, dan Asia.

"Kita punya pasar yang cukup luas. Tinggal kita cari tahu, kemitraan seperti apa yang memungkinkan untuk kita jalin," kata Ridwan.

Dia menambahkan, kendati masih dalam tahap penjajakan, salah satu kerja sama yang sangat dibutuhkan Kota Bandung adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia.

"Kami dipenuhi dengan sumber daya manusia. Dua koma tiga juta penduduk Kota Bandung. Kami ingin adanya peningkatan sumber daya manusia yang barangkali bisa didapatkan dengan pelatihan dan pertukaran ke Amerika. Bisa dengan saling bertukar mahasiswa, seniman, atau pendidikan dan pelatihan bagi staf pemerintahan," tambahnya.

Sementara itu, Kevin Hartke menjelaskan, pihak Kota Chandler masih mencari-cari potensi dan peluang kerja sama yang akan dijajaki di Kota Bandung.

"Kami sangat mengapresiasi kemurahan hati Anda. Kami berharap kita dapat bekerja sama dalam berbagai sektor, terutama di bidang teknologi dan sumber daya manusia," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com