Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rem Blong, Truk Tabrak 4 Sepeda Motor di Bawen

Kompas.com - 23/09/2016, 13:31 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

BAWEN, KOMPAS.com - Sebuah truk bermuatan minuman berkarbonasi mengalami kecelakaan beruntun dengan empat sepeda motor di turunan traffic light exit Tol Bawen, Kabupaten Semarang, Jumat (23/9/2016) sekitar pukul 06.15 WIB.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun enam pengendara sepeda motor dilarikan ke rumah sakit karena mengalami sejumlah luka akibat tergencet badan truk.

Belakangan diketahui satu korban menjalani rawat inap Di RSUD Ambarawa, sedangkan lima lainnya hanya cukup menjalani rawat jalan di rumah sakit yang sama.

Berdasarkan Unit Laka Satlantas Polres Semarang, kendaraan yang terlibat kecelakaan masing-masing adalah satu truk dan empat sepeda motor.

Korban atas nama Yohana Galuh Mega Pradita (22), warga Kadipaten, Kelurahan Harjosari, Bawen, Kabupaten Semarang. Mahasiswi ini mengalami luka robek pada kaki sebelah kanan cukup parah sehingga harus menjalani rawat inap.

Kanitlaka Polres Semarang Iptu Adjie Setiawan mengungkapkan, kejadian bermula saat truk yang dikemudikan Almex Aldianto (30) dan asisten, Sigit Raharjo (25) berjalan dari arah Bawen menuju Salatiga.

Selepas dari simpang tiga Terminal Bawen, diduga kendaraan yang berangkat dari arah Jl Sukarno Hatta KM 30 Bawen mengalami rem blong saat berada di turunan menjelang lampu lalu lintas exit Tol Bawen.

Pada saat bersamaan, lampu merah masih menyala sehingga banyak kendaraan yang berhenti.

"Sopir sempat banting stir ke kanan hingga menabrak lampu TL, lalu miring menabrak sepeda motor," kata Adjie.

Pengemudi truk tidak bisa menguasai kemudi dan menghindar, sehingga kecelakaan tidak bisa dihindari.

"Truk segera kami evakuasi sehingga tidak sempat mengganggu kelancaran lalu lintas," imbuhnya.

Melihat topografi jalan yang menurun tajam dengan kondisi para korban yang semuanya selamat, banyak pihak yang menilai hal ini sebuah keajaiban.

"Selambat-lambatnya laju kendaraan di turunan ini, pasti yang ditabrak akan mengalami luka serius. Tapi ini selamat semua," kata Daniel, warga Surakarta, yang kebetulan melintas.

Sementara itu, berdasarkan pentauan di lapangan pada pukul 09.00 WIB, truk sudah dipindahkan ke tepi jalan. Sebuah truk lain terlihat tengah memindahkan muatan.

Joko Triyono (33), salah satu staf Coca-cola Bawen yang berada di lokasi, mengaku tidak tahu kronologis sebenarnya kecelakaan itu. Sopir yang bersangkutan saat ini tengah diperiksa di Polsek Bawen.

"Rencananya mobil ini mau ke Solo. Mengenai penyebabnya belum tahu, saya belum ketemu sopirnya," kata Joko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com