Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Tewas Terseret Sungai di Brebes Jadi Lima Orang

Kompas.com - 13/09/2016, 08:43 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

BREBES, KOMPAS.com Jumlah korban jiwa yang tewas akibat ikut terseret arus Sungai Pemali di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah bertambah dari tiga menjadi lima orang. Dua orang santri tambahan dinyatakan meninggal dalam penanganan medis di rumah sakit umum daerah Brebes.

Sebelumnya, tujuh orang santri dilaporkan hilang akibat ikut terseret arus sungai saat mencuci potongan daging kurban. Ketujuh orang ini menjadi salah satu panitia kurban Idul Adha di Panti Asuhan Putra Muslimat Brebes.

“Dua dari empat santri yang berhasil diselamatkan meninggal di RSUD,” kata perwakilan Humas Basarnas Semarang, Maulana Affandi, Selasa (13/9/2016).

Dengan demikian korban tewas menjadi lima orang. Kedua orang yang meninggal dalam penanganan di RSUD bernama Moh Ubaidillah (16) dan Kamaludin (13). Sementara tiga santri yang ditemukan tewas di dalam Sungai Pemali, antara lain Mustakim (18), Andre Bimantoro (14) dan Sandi Kasmana (14).

Menurut Affandi, saat diselamatkan oleh warga, empat santri masih dalam keadaan selamat. Namun pada malam hari, dua santri yang dirawat mengalami trauma.

“Dua orang itu awalnya syok dan sedang dalam perawatan tim medis. Jadi saat itu kita belum berani menyimpulkan korban tewas atau tidak, karena sesuai SOP yang boleh menyimpulkan hanya dokter,” tambah dia.

Sebelumnya di beritakan, tujuh orang santri di Desa Wanasari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, terseret aliran Sungai Pamali ketika mencuci daging hewan kurban.

Mereka diduga terpeleset saat mencuci jeroan hewan kurban di tepi Sungai Pemali. Air dalam sungai dalam kondisi surut dengan kedalaman air kurang satu meter.  Mereka diduga tidak bisa berenang dan terpeleset di bagian cekungan sungai yang cukup dalam.

Tiga korban ditemukan meninggal ditemukan di dalam kedalaman hingga lima meter. Korban pertama yang ditemukan pada 14.56 WIB atas nama Mustakim (18). Sementara pada pukul 15.40 WIB ditemukan lagi atas nama Andre (14). Pada 16.20 WIB korban ketiga bernama Sandi berhasil ditemukan. 

Baca: Asyik Cuci Daging Kurban, 7 Santri di Brebes Terseret Arus Sungai

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com