Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penambang yang Tertimbun Ditemukan Tewas

Kompas.com - 05/09/2016, 16:18 WIB
Budiyanto

Penulis

SUKABUMI, KOMPAS.com - Alun (50), korban tertimbun di lokasi penambangan Desa Titisan, Kecamatan Sukalarang, Sukabumi, Jawa Barat akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Senin (5/9/2016) siang.

Penemuan jasad pria yang sehari-hari bekerja di perusahaan tambang sebagai kepala mekanik itu ditemukan pada hari ke-4  Operasi Search and Rescue (SAR) gabungan.

"Jasad survivor (orang yang dicari Tim SAR) tadi ditemukan sekitar pukul 11.05 WIB. Awalnya terlihat bagian kepalanya saat berlangsung penyemprotan di lokasi dekat pipa," kata Kepala Basarnas Pos SAR Sukabumi, Agung Priambodo kepada Kompas.com usai evakuasi jenazah di lokasi kejadian, Senin siang.

Menurut Agung setelah terlihat bagian tubuhnya penyemprotan air langsung dihentikan. Tim melanjutkan penggalian dengan peralatan manual. Karena saat itu bagian kaki korban masih tertimbun material longsoran.

"Biar tidak rusak bagian tubuhnya maka penggalian pakai manual. Dan baru bisa diangkat sekitar pukul 13.00 WIB atau sekitar dua jam," ujar dia.

Kepala Bagops Polres Sukabumi Kota, Kompol Sulaeman Salim mengatakan, jasad korban langsung dievakuasi ke RSUD R Syamsudin Kota Sukabumi untuk dilakukan visum et repertum.

"Alhamdulillah pada hari ke empat ini jasad berhasil ditemukan atas kerjasama tim gabungan. Selanjutnya jasad di evakuasi ke rumah sakit," kata Sulaeman.

Adapun potensi SAR yang ikut dalam pencarian di antaranya berasal dari TNI, Polri, Basarnas Pos SAR Sukabumi, Pramuka Peduli, PMI, Forum Koordinasi SAR Daerah (FKSD), Tagana, PPLS, Aksi Cepat Tanggap (ACT), dan BPBD serta para sukarelawan lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com