Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesultanan Ternate Umumkan 12 Nama Calon Sultan

Kompas.com - 31/08/2016, 07:01 WIB
Yamin Abdul Hasan

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com - Kesultanan Ternate mengumumkan 12 nama calon sultan pengganti mendiang Mudaffar Sjah.

Ke-12 nama calon sultan tersebut diumumkan Selasa (30/8/2016) malam setelah penyerahan nama-nama calon sultan dari Fanyira Soangare ke perangkat adat Kesultanan Ternate, Bobato 18.

Penyerahan nama-nama calon sultan Ternate dari Fanyira Soangare M Saleh diterima langsung oleh Kimalaha Marsaoly, Arifin Madjid.

Turut hadir dalam penyerahan nama-nama calon itu para Fanyira, Sangadji, serta Kapita Lao.

Pengumuman nama-nama sultan Ternate ini merupakan kedua kalinya dalam sepekan ini. Sebelumnya, tiga nama diumumkan dan hanya didatangi beberapa orang. Pengumuman itu dianulir oleh perangkat adat Kesultanan Ternate melalui Bobato 18 karena tidak melibatkan semua perangkat adat yang ada dalam Bobato 18.

"Yang sebelumnya itu tidak sah. Selain itu tiga nama yang diusulkan itu sudah masuk dalam 12 nama ini," kata Arifin.

Adapun nama-nama calon Sultan Ternate yaitu Syarifuddin Bin Iskandar Muhammad Djabir Sjah, H. Zainal Bin Nasir Sjah, Iskandar Zulkarnain Bin Mudaffar Sjah, Muhammad Gazali Bin Mudaffar Sjah, Hidayatullah Bin Mudaffar Sjah, Nulzuluddin Bin Mudaffar Sjah, Firman Bin Mudaffar Sjah, Syahmardan Bin Mudaffar Sjah, Muhammad Buchari in Effendi Sjah, Chaeruddin Djamil Bin Abdul Hamid Sjah, Arsyad Bin Abdul Hamid Sjah dan Usman Bin Nasir Sjah.

Dari 12 nama calon sultan Ternate tersebut, tidak terdapat putra kembar yang sebelumnya telah dikukuhkan sebagai putra mahkota.

Arifin menjelaskan, nama-nama itu merupakan keterwakilan dari putra mendiang Sultan Ternate Mudaffar Sjah serta saudara dari Mudaffar Sjah.

Calon-calon tersebut akan diverifikasi oleh Bobato 18 dan selanjutnya akan mengikuti ritual adat hingga proses sakral di dalam kamar fuji.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com