Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpan Ingatkan Aparat Sipil Negara Tidak Gagap Teknologi

Kompas.com - 30/08/2016, 22:18 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Aparatur sipil negara (ASN) di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) diingatkan agar jangan gagap teknologi dalam mengelola sistem e-government dan e-budgeting dalam sistem pemerintahan.

Imbauan itu disampaikan oleh Menteri Pemberdayaan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur saat membuka kegiatan forum komunikasi kebijakan PAN-RB dan replikasi inovasi pelayanan publik di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (30/8/2016).

Asman mengatakan, dengan menggunakan sistem itu, keuangan negara bisa diukur dengan program yang jelas, sehingga penggunaan anggaran bisa lebih efektif dan efisien.

“Untuk saat ini sebaiknya aparatur sipil negara tidak boleh gaptek, karena saat ini metode yang dipakai dalam pemerintahan yakni dengan sistem elektronik mulai dari keuangan sampai dengan kearsipan,” kata Asman.

Menurut Asman, dengan menggunakan sistem elektonik ini, bisa meningkatan pelayanan publik yang lebih baik kepada masyarakat. Pelayanan publik juga diharapkan tidak berbelit- belit yang menyulitkan masyarakat, seperti pengurusan kartu tanda penduduk (KTP) dan akta kelahiran serta surat penting lainnya.

Asman pun berharap, Provinsi NTT bisa menjadi pilot projek dalam menjalankan sistem ini di Indonesia bagian timur, sehingga ke depannya NTT menjadi contoh buat daerah lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com