Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maskapai Trigana Air Diberi Peringatan Terkait Retaknya Kaca Pesawat

Kompas.com - 22/08/2016, 15:51 WIB
Fabio Maria Lopes Costa

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com - Maskapai Trigana Air mendapatkan peringatan dari Dinas Perhubungan Provinsi Papua. Hal ini terkait retaknya kaca bagian depan salah satu pesawat Trigana Air dengan nomor penerbangan IL 272 dan nomor registrasi PK-YSH sebelum mendarat di Bandara Klas I Wamena, Kabupaten Jayawijaya, pada Sabtu (20/8/2016) kemarin.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua Djuli Mambaya saat dihubungi dari Jayapura, Senin (22/8/2016).

Djuli menyatakan telah menghubungi langsung General Manager Trigana Air Service, Papua, Bustomi Eka Prayitno setelah mendapatkan informasi retaknya kaca pesawat Trigana Air sebelum mendarat di Bandara Wamena.

“Saya telah memberikan teguran lisan kepada pihak Trigana Air. Mereka menyatakan telah mengganti kaca sehingga pesawat itu telah kembali beroperasi seperti biasa,” kata Djuli.

Ia pun mengungkapkan, keretakan kaca pada bagian kiri disebabkan oleh pemuaian. Fenomena ini terjadi karena teriknya panas matahari disertai embusan angin yang sangat kencang.

“Selain karena pemuaian, teryata pihak Trigana belum pernah mengganti kaca selama pesawat tersebut beroperasi. Hal ini sangat kami sayangkan. Sebab, salah satu faktor penentu keselamatan dalam penerbangan adalah perbaikan dan pemeliharaan segala komponen pesawat secara berkala,” tutur Djuli.

Ia pun menegaskan, Dishub Provinsi Papua akan memberikan sanksi tegas apabila pihak Trigana kembali lalai dalam perawatan pesawat sehingga berpotensi terjadinya kecelakaan.

Sebelumnya berdasarkan data dari Bidang Humas Polda Papua, pesawat dengan Kapten Arman dan Co Pilot Marsya itu lepas landas dari Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, pada pukul 07.45 WIT. Namun, saat itu belum terjadi keretakan pada bagian depan kaca.

Baca juga: Kaca Pesawat Trigana Air Retak dalam Penerbangan Sentani-Wamena

Kaca pesawat mengalami keretakan sebelum mendarat di Bandara Wamena pada pukul 08.30 WIT. Meskipun kacanya retak, pesawat berhasil mendarat di Bandara Wamena dengan lancar pada pukul 08.45 WIT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com