Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Tahun, Bandung Punya Museum Sejarah Kota Bandung

Kompas.com - 15/08/2016, 20:53 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Bandung tengah merancang sebuah museum dan taman yang berisi tentang sejarah Kota Bandung. Museum itu akan menggunakan bangunan bekas kantor Dinas Pemuda Olahraga terletak Jalan Aceh, Kota Bandung.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, salah satu kekurangan Kota Bandung adalah tak punya tempat yang mampu memberikan data lengkap tentang sejarah Kota Bandung.

"Kota Bandung ini punya kekuranga tidak ada tempat sejarah Bandung. Karena itu kita membuat museum sejarah di eks kantor Dispora dan di bekas parkir sehingga nanti di taman dan bangunan yang berhadapan warga Bandung bisa tahu sejarah Bandung yang lengkap apalagi planning galeri sudah mau selesai," tutur Ridwan, Senin (15/8/2016).

"Jadi nanti daerah itu wajib dikunjungi oleh pelajar untuk belajar tentang Bandung dari sejarahnya, dari kecanggihan masa depannya dan lain-lain," tambah dia.

Fasilitas apa yang tersedia di museum sejarah Bandung ? "Ada semuanya ada interaktif dengan komputer ada video asli tentang Bandung dari Belanda kita datangkan, ada sejarah Wiranata Kusuma II pendiri Kota Bandung ada barang-barang Bandung zaman dulu, serta benda bersejarah dan foto," tutur Emil, sapaan akrabnya.

Di museum itu, lanjut dia, akan dilengkapi alat khusus untuk mendengarkan cerita sejarah Bandung melalui aplikasi di telepon pintar.

"Yang canggih ada aplikasi. Jadi di dinding itu nanti kamu pijit, pasang earphone, nanti dia bercerita di depan dinding itu. Jadi orang yang berceritnya kamu download. Itu untuk menghemat tour guide," jelasnya.

Museum sejarah Bandung direncanakan rampung akhir tahun 2016. Untuk membangun museum dan taman sejarah, Pemkot Bandung menggelontorkan dana sekitar Rp 3 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com