Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

712 Kantung Semar Diamankan di Terminal Kargo Bandara Pontianak

Kompas.com - 09/08/2016, 15:48 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat, mengamankan sebanyak 712 buah tumbuhan Kantong Semar (Nephentes sp) di terminal kargo Bandara Internasional Supadio, Pontianak, Senin (8/8/2016).

Tumbuhan tersebut rencananya akan dikirim ke Jakarta dari Pontianak.

Kepala BKSDA Kalbar Sustyo Iriono mengungkapkan, sesuai Undang-undang Nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, Kantong Semar merupakan tumbuhan yang dilindungi sehingga tidak boleh diperjualbelikan.

Hal ini terungkap setelah betugas memeriksa kotak kardus yang digunakan untuk mengemas tumbuhan itu. Dalam paket tersebut, tertera nama pengirim yaitu Akhui dan penerima bernama Dicky.

"Namun di dalam kemasan itu tidak dicantumkan alamat pengirim maupun penerima, hanya tertera nomor handphone-nya saja," ujar Sustyo, Selasa (9/8/2016).

Pengiriman tersebut menggunakan modus mengirimkan paket menggunakan jasa travel tidak resmi dari Singkawang ke Pontianak.

Untuk mengelabui petugas, paket tersebut kemudian dikirim melalui jasa kargo Bandara, namun berhasil digagalkan sebelum memasuki navy entry.

"Dari keterangan jasa pengiriman travel kargo Bandara Supadio Pontianak, Kantong Semar tersebut akan dikirim ke Jakarta. Setelah tiba di Jakarta, pihak travel akan menghubungi penerima sesuai dengan nomor telepon yang tercantum dalam kotak kemasan tersebut," ujar Sustyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com