Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Jokowi Akan Buka Pertemuan Mahkamah Konstitusi Se-Asia di Bali

Kompas.com - 09/08/2016, 12:13 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

NUSA DUA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan menghadiri acara The Assosiation of Asian Consitutional Cont and Equivalent Institutions (AACC) atau Asosiasi Mahkamah Konstitusi dan Lembaga Sejenis se-Asia III pada 9-13 Agustus 2016 di Nusa Dua, Bali.

Nina Aprianti dari Humas Mahkamah Konstitusi RI menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo akan membuka acara tersebut pada Kamis (11/8/2016) lusa.

Hari ini Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Jawa Tengah dan dijadwalkan akan bertolak ke Bali pada Rabu petang besok.

Nina mengatakan, pada Selasa (9/8/2016) hari ini, acara AACC III diawali dengan pertemuan setingkat Sekretaris Jenderal dan dilanjutkan pertemuan anggota AACC pada Rabu besok.

Tema AACC tahun ini adalah "Pemajuan dan Perlindungan Hak-hak Konstitusional Warga Negara (The Promotion and Protection of Citizens' Consitutional Rights)". Acara itu diikuti oleh 18 negara anggota AACC, Eropa dan Afrika.

"Kongres ini diharapkan dapat menjadi landasan bagi terciptanya komitmen bersama negara-negara anggota AACC untuk memajukan dan melindungi hak-hak Konstitusional warga negara," kata Nina.

Saat ini Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia belum memiliki kewenangan penyelesaian perkara pengaduan konstitusional sehingga merasa perlu menimba pengalaman dari MK negara lain yang tergabung dalam AACC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com