Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Habibie Resmikan Gedung Baru Rumah Sakit Khusus Ginjal RA Habibie

Kompas.com - 08/08/2016, 13:00 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Presiden ke-3 RI BJ Habibie hadir dalam peresmian gedung baru Rumah Sakit Khusus Ginjal Ny RA Habibie di Jalan Tubagus Ismail, Bandung, Senin (8/8/2016).

Habibie berharap, bertambahnya fasilitas rumah sakit khusus ginjal di Indonesia itu bisa membantu masalah kesehatan masyarakat.

"Harapan saya agar benar-benar membantu SDM Indonesia, kesehatannya oke," ujar Habibie.

Dia lalu menuturkan bahwa tak semua persoalan harus menjadi tanggung jawab pemerintah. Sebab itu, dia berharap keberadaan rumah sakit khusus ginjal itu bisa menjadi sumbangsih nyata dari keluarganya dalam rangka peningkatan kualitas layanan kesehatan masyarakat.

"Saya katakan bisa menjadi unggul menyumbangkan karya nyata untuk pembangunan bangsanya dan semua harus berusaha tiap keluarga menjadi mata air," kata dia.

"Kalau semua keluarga menjadi mata air Indonesia termasuk masyarakat. Jangan serahkan semua ke pemerintah kita, masyarakat lebih kuat jika bekerja sama dan saling membantu," tambahnya.

Direktur Rumah Sakit Khusus Ginjal Ny. R.A. Habibie Qania Mufliani menuturkan, gedung baru itu dilengkapi ruang rawat inap, ruang operasi, ruang bedah, laboratorium, museum mesin cuci darah dan ruang untuk pendidikan dan latihan.

"Selama ini, untuk melengkapi fasilitas kita sudah kekurangan, jadi kita buat gedung baru. Jadi nanti gedung lama akan dkhususkan untuk cuci darah," ujarnya.

Saat ini, Rumah Sakit Khusus Ginjal Ny R.A. Habibie punya 350 pasien tetap atau rutin. Tiap harinya, rumah sakit ini mampu melakukan 100-120 tindakan.

Dalam kegiatan itu, hadir pula Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com