Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Cakades di Ogan Ilir Jalani Syarat Tes Urine sebagai Syarat Lolos Pilkades

Kompas.com - 07/08/2016, 13:30 WIB
Amriza Nursatria

Penulis

INDRALAYA, KOMPAS.com -  Ratusan calon kepala desa di Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan melakukan tes urine di Kantor Badan Narkotika Nasional (BNN) Ogan Ilir, Jalan Lintas Timur Palembang-Ogan Olir KM 32 Timbangan Indralaya Utara.

Lulus tes urine dan tidak terlibat dalam barang terlarang lainnya merupakan syarat untuk lolos sebagai calon kepala desa.

Kepala BNN Ogan Ilir Masulin Sayuti mengatakan, tes urine tersebut dilakukan atas permintaan Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir.

Tes dilakukan mulai tanggal 3 hingga 9 Agustus 2016 diikuti ratusan calon kepala desa dari 175 desa, 16 kecamatan di Ogan Ilir.

Tes sendiri hanya dilakukan terhadap urine calon kepala desa untuk mengetahui apakah calon tersebut menggunakan narkoba selama tiga bulan ke belakang. 

Tes tidak dilakukan untuk darah dan rambut seperti yang biasa dilakukan jika hendak mengetahui apakah seseorang menggunakan narkoba dalam jangka waktu tertentu.

Marsulin menambahkan, Pembiayaan tes urine dibebankan kepada calon kepala desa sebesar Rp 185 ribu per orang.

Dari jumlah uang sebesar itu, Rp 106 ribu digunakan untuk membeli peralatan tes, sementara sisanya untuk biaya operasional petugas tes dari provinsi sebanyak lima orang serta petugas BNN Ogan Ilir.

“Tes urine ini dilakukan secara mandiri oleh BNN Ogan Ilir, tidak ada dana dari pemerintah Kabupaten Ogan Ilir dalam pelaksanaan tes tersebut,” katanya.

Hasil tes sendiri baru akan diserahkan kepada pihak panitia tanggal 9 Agustus nanti untuk diumumkan.

Kompas TV Lakukan Tindak Asusila, Kades Diminta Mundur
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com