Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Agama: Terima Kasih Masyarakat Aceh karena Terus Menjaga Kerukunan

Kompas.com - 04/08/2016, 16:58 WIB
Kontributor Takengon, Iwan Bahagia

Penulis

TAKENGON, KOMPAS.com - Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Aceh karena terus memelihara kerukunan bangsa dalam bingkai Republik Indonesia.

Menurut Lukman, Provinsi Aceh merupakan salah satu barometer penting keberhasilan pembangunan dalam aspek keagamaan di Indonesia.

Daerah berjuluk Serambi Mekkah ini juga dinilai sebagai kota penting dalam penyebaran agama Islam di nusantara.

"Saya berharap Aceh dapat juga memainkan peran penting, tidak saja sebagai barometer nasional maupun dalam bidang pemahaman dan pengamalan nilai-nilai keagamaan, tetapi juga sebagai barometer kerukunan bangsa," kata dia saat membuka secara resmi kegiatan Porseni XV dan Expo Madrasah IV, Kompetensi Sains Madrasah (KSM) serta Pamuka Madrasah se-Aceh di Lapangan Musara Alun, Takengon, Aceh Tengah, Aceh, Kamis (4/8/2016).

Lukman menyampaikan itu setelah mendengar pernyataan dari Bupati Aceh Tengah Ir H Nasaruddin MM bahwa meski terdapat sejumlah agama dan beragam etnis di daerahnya. Warga Takengon selama ini hidup rukun dan damai dalam kehidupan sehari-hari.

"Kami dari unsur pemerintah daerah dan Forkopimda secara rutin melakukan silaturahmi dengan berbagai etnis, saudara kita yang mendiami Aceh Tengah, sehingga suasana kehidupan di daerah ini selalu dalam suasana persaudaraan," terang Nasaruddin dalam sambutannya.

Seperti diketahui, Aceh Tengah menjadi tuan rumah Porseni XV dan Expo Madrasah IV, Kompetensi Sains Madrasah (KSM) serta Pamuka Madrasah se-Aceh. Pembukaan yang digelar Kamis pagi dihadiri sekitar 10.000 orang, terdiri dari atlet cabang olahraga madrasah dari berbagai tingkatan dan juga lomba seni musabaqah serta pramuka. Perserta lomba bukan hanya siswa madrasah, tetapi juga pegawai Kemenag se-kabupaten/ kota se Aceh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com