Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Lacak Peretas Tiga Situs Resmi Polda dan Polres DIY

Kompas.com - 18/07/2016, 15:15 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Polisi menyelidiki dan mencari lokasi peretas tiga situs resmi milik Polda Daerah Istimewa Yogyakarta dan jajaran di bawahnya.

"Sudah diperbaiki oleh Humas dan situs sudah normal kembali," ujar Kabid Humas Polda DIY Ajun Komisaris Besar Polisi Anny Pudjiastuti, Senin (18/07/2016).

Saat ini polisi sedang melakukan penyelidikan dan penelusuran guna mengetahui siapa yang meretas ketiga website itu. Belum ada tim khusus yang dibentuk untuk melacak dan menyelidikinya.

Situs yang diretas, yakni www.tribatanewsjogja.com, www.polresjogja.com, dan jogja.polri.go.id. Semua situs tersebut berubah dengan latar belakang hitam. Ketiganya diubah menjadi berlatar belakang hitam.

Peretas juga menulis beberapa kalimat di di halaman situs dengan bahasa Inggris. Tulisan di halaman situs itu "Why So Serious?' Introduce a little anarchy, and everything becomes CHAOS, Great You've shown us how justice works, Improve your brutality Sir.  Diakhir tulisan #We'reNotSeparatist#".

Namun setelah empat jam diretas, situs web itu telah diperbaiki dan berfungsi kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com