Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Aksara Medan Terbakar, Pedagang Panik Sambil Selamatkan Dagangan

Kompas.com - 12/07/2016, 19:46 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Pasar Aksara di Jalan HM Yamin, Medan, Sumatera Utara, terbakar, Selasa (12/6/2016) siang. Terdengar beberapa kali ledakan sebelum api membesar.

Ratusan pedagang yang ketakutan berhamburan lari keluar pasar tradisional yang menyatu dengan pertokoan modern Ramayana Plaza tersebut.

Pedagang berkumpul di jalan raya sehingga mengakibatkan kemacetan panjang di area padat lalu lintas tersebut.

Sejumlah pedagang lainnya tampak berupaya menyelamatkan barang-barang dagangannya di lapak mereka. Padahal, asap sudah menebal menutupi seluruh lantai dan bangunan.

"Belum sempat kami selamatkan barang dagangan. Mudah-mudahan apinya cepat padam dan tak membakar semua barang dagangan kami," ucap Tugiono, seorang pedagang.

Sebanyak 30 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi kejadian, tetapi belum mampu menjinakkan api hingga petang ini.

"Aku tidak tahu dari mana datangnya api, tapi katanya dari lantai dua. Terus merembet cepat membakar semuanya," kata Solihin, pedagang di Pasar Aksara.

Petugas pemadam kebakaran terpaksa memecahkan kaca-kaca jendela agar asap keluar. Asap tebal menyulitkan mereka untuk masuk ke pusat api.

Pasar Aksara terdiri dari empat lantai. Lantai paling atas diisi para pedagang emas dan pakaian.

Pasar ini merupakan pasar tua yang sampai hari ini masih menjadi tempat masyarakat untuk berbelanja kebutuhan bahan pokok.

Pusat perbelanjaan modern di sampingnya dimanfaatkan oleh para pengunjung, khususnya anak-anak muda untuk nongkrong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com