Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawal Shalat Id di Tolikara, Anggota TNI Disiagakan

Kompas.com - 05/07/2016, 21:09 WIB
Fabio Maria Lopes Costa

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com - Situasi keamanan di Kabupaten Tolikara, Papua, dalam situasi kondusif jelang pelaksanaan shalat Id pada perayaan Idul Fitri 1437 Hijriah pada Rabu (6/7/2016).

Hal ini disampaikan Kapolda Papua Inspektur Jenderal Paulus Waterpauw saat meninjau sebanyak delapan pos pengamanan Lebaran di Jayapura hingga Sentani, Selasa (5/7/2016).

Paulus mengatakan, situasi di Tolikara masih berjalan normal dan pihaknya tidak menambah jumlah personel aparat kepolisian untuk mengamankan pelaksanaan shalat Id besok.

“Saat ini Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Hinsa Siburian memantau langsung persiapan pelaksanaan shalat Id di Tolikara. Saya pun telah menginstruksikan agar pimpinan Polres setempat meningkatkan komunikasi dengan seluruh tokoh agama dan masyarakat secara rutin,” kata Paulus.

Sementara itu, Kepala Staf Kodam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Herman Asaribab menyatakan sebanyak 650 personel dari Kodim 1714 Puncak Jaya dan Kodim 1702 Jayawijaya untuk mengawal pelaksanaan shalat Id di Tolikara.

“Aparat dari kedua kodim ini yang akan bertugas untuk memastikan pelaksanaan shalat Id di Tolikara berlangsung aman,” tambahnya.

Sebelumnya, terjadi kerusuhan antara aparat dan sekelompok warga di tengah pelaksanaan sholat ied pada 17 Juli Tahun 2015 lalu. Akibat insiden ini, belasan kios terbakar hingga merembet ke salah satu mushala. Selain itu, 11 orang mengalami luka-luka dan satu orang meninggal dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com