Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Kabar Institut Teknologi Habibie di Parepare?

Kompas.com - 02/07/2016, 22:46 WIB
Suddin Syamsuddin

Penulis

PAREPARE, KOMPAS.com – Sejak tahun 28 Agustus 2014 Silam, Wali Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Tufan Pawe, mengundang Presiden RI ke 3, BJ Habibie, bersama Muspida Kota Parepare, kala itu, meresmikan pembangunan Gedung Rektorat Institut Teknologi Habibie (ITH).

Namun hingga kini hingga kini belum juga ada tanda tanda pembangunanya.

“Kondisi di Gedung Pemuda atau Gedung Habibie Senter kini sangat memprihatinkan. Rumputnya tinggi, tiang pancang yang dipasang sebagai tanda akan dibangun ITH, lebih mirip sebagai tiang bendera, di halaman eks Gedung pemuda itu,“ Kata Tomi, warga Kota Parepare, Sabtu (2/7/2016).

Sementara itu, Ketua LSM Lembaga Investigasi Penyelamatan Aset Negara (Lipan) Kota Parepare Muhammad Ali mengatakan, sampai saat ini belum ada tanda-tanda akan terealisasi.  Bahkan, infrastruktur pendukung perguruan tinggi juga belum tampak dibangun.

Menurut Ali, Wali Kota Parepare harus secara legowo menghentikannya.

“Ini dalam rangka lebih mengoptimalkan, kinerja Wali Kota, Sehingga pusat perhatiannya tidak tertuju lagi kepada ITH. Lebih baik Wali Kota berfokus kepada pembangunan yang bermuara pada kesejahteraan rakyat,“  ucap dia.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Parepare menyediakan anggaran Rp 1,9 miliar dalam APBD Perubahan Kota Parepare 2014 untuk pembangunan ITH.

Bangunan yang berdiri di atas lahan seluas 2 hektar tersebut, akan menjadi lokasi kampus pertama ITH sebelum kampus utama selesai akan dibangun di daerah Lompoe, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, Sulawesi Selatan. 

Gedung ITH direncanakan berlantai 10, dan akan menjadi Sekolah Jurusan Komputer terbesar di Indonesia Timur.

baca: Habibie Resmikan Pembangunan Institut Teknologi Habibie

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com