Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Habibie Resmikan Pembangunan Institut Teknologi Habibie

Kompas.com - 28/08/2014, 15:17 WIB
Kontributor Pinrang, Suddin Syamsuddin

Penulis

PAREPARE, KOMPAS.com - Peresmian pembangunan Gedung Rektorat Institut Teknologi Habibie (ITH) Parepare, Kamis (28/8/2014) resmi dicanangkan Mantan Presiden RI BJ Habibie, yang juga putra asli Parepare.

Acara peresmian sekolah berbasis teknologi informasi ini digelar di depan eks Gedung Pemuda, di Kelurahan Bumi Harapan, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare, Sulawesi Selatan. Gedung ITH ini nantinya berantai 10, dan akan menjadi Sekolah Jurusan Komputer terbesar di Indonesia Timur.

Dalam sambutannya, Habibie mengaku menyambut baik rencana ITH yang bakal menjadi pusat pembuatan perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) komputer.

Pemerintah Kota Parepare menyediakan anggaran Rp 1,9 miliar dalam APBD Perubahan Kota Parepare tahun ini untuk pembangunan ITH. Bangunan yang berdiri di atas lahan seluas dua hektar tersebut, akan menjadi lokasi kampus pertama ITH sebelum kampus utama selesai dibangun di daerah Lompoe, Kecamatan Bacukiki.

"Selain sarana perkantoran, bangunan ini juga akan dilengkapi sarana perpustakaan, laboratorium dengan estimasi jumlah ruang perkuliahan sebanyak 19 ruangan,” kata Wali Kota Parepare Taufan Pawe, dalam sambutannya.

Taufan menjelaskan, ide pendirian ITH diilhami keinginan masyarakat Kota Parepare mewujudkan diri sebagai mercusuar pendidikan di utara Provinsi Sulawesi Selatan. Saat ini proposal pendirian ITH  telah berada di meja Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Direktorat Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia di Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com