Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.246 Bus untuk Warga Bandung yang Ingin Mudik

Kompas.com - 28/06/2016, 15:10 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Bandung bersiap jelang arus mudik lebaran 2016. Dinas perhubungan Kota Bandung menyediakan 1.246 bus yang disebar di dua terminal di Bandung, yakni Terminal Leuwipanjang dan Cicaheum.

Kepala Bidang Angkutan dan Terminal Yosep Heryansyah mengatakan, untuk Terminal Leuwipanjang, Dishub menyiapkan 478 bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan 500 bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) ditambah 10 bus cadangan.

Sementara itu, untuk Terminal Cicaheum ada 258 bus yang disiapkan terdiri dari 103 bus AKAP,  135 bus AKDP dan 20 bus cadangan.

"Kami telah lakukan persiapan jauh hari, mulai dari pengecekan kendaraan termasuk kesiapan pengemudinya. Nah ini akan terus kita lakukan disetiap keberangkatan. Apalagi dalam rencana operasi 2016, sesuai dengan arahan Dirjen Perhubungan diusahakan zero accident," kata Yosep saat ditemui di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Selasa (28/6/2016).

Dishub Kota Bandung memperkirakan, puncak arus mudik akan terjadi pada H-4 lebaran atau pada Sabtu 2 Juli 2016. Yosef memprediksi, lebih dari 200.000 pemudik akan berangkat dari Terminal Cicaheum dan Leuwipanjang.

"Mayoritas pegawai baik PNS maupun swasta terakhir bekerja hari Jumat. Hari Sabtu sudah mulai libur. Nah hari pertama libur itu diprediksi mereka melaksanakan mudik," ujar Yosep.

Sementara untuk arus balik, lanjut Yosep, kepadatan pemudik akan terjadi pada H+4 atau tepatnya pada Minggu 10 Juli 2016.

"Pekerja PNS dan swasta kan sudah mulai bekerja setelah lebaran. Jadi diperkirakan arus balik terjadi pada 10 Juli," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com