Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantu Kakek Penderita Kanker, Tetangga Sisihkan Makanan

Kompas.com - 25/06/2016, 09:39 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com – Sejak dihinggapi penyakit kanker kulit yang menyerang bagian wajah Karep (65), keluarga dan kerabat dia seakan tidak lagi mempedulikannya. Mereka tidak pernah menjenguk karep yang tinggal di gubuk berukuran 2,5 meter x 2,5 meter tersebut.

Hal tersebut membuat tetangga yang tinggal di sekitar gubuk warga Dusun Jati Sari, Desa Mojowuku, Kecamatan Kedamean, Gresik, Jawa Timur itu, merasa iba. Mereka secara sukarela menyisihkan sebagian makanan, untuk dikirim sehari-hari demi mencukupi kebutuhan kakek renta tersebut. Meski sayangnya, tidak semua tetangga peduli.

“Beberapa tetangga, malah ada yang takut melihat kondisi kanker kulit yang menggerogoti muka Karep. Sungguh kasihan. Padahal, ia sudah lama hidup sendiri tanpa di dampingi oleh anak maupun istrinya,” tutur Tonarib (51), salah satu tetangga Karep, Jumat (24/6/2016).

“Saya sendiri merasa kasihan, karena dengan kondisi fisik seperti itu, bagaimana ia dapat mencukupi kebutuhannya. Makanya, saya dan keluarga sering membantunya, seperti mengirim makan untuk sehari-hari,” sambungnya.

Namun sebut dia, akhir-akhir ini nasib Karep mulai berubah, lantaran sudah ada beberapa pihak yang mau memperhatikannya. Seperti dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, dan juga santunan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik.

“Setahu saya, memang ada beberapa orang yang mengaku dari Dinas Kesehatan Jawa Timur, yang datang berkunjung ke gubuk Karep, beberapa waktu kemarin. Selain itu, kini Karep juga sudah mendapat bantuan dari Pemkab Gresik,” terang Tonarib.

Sebelumnya, kisah pedih Karep sempat menjadi trending topic di media sosial Facebook, usai diunggah oleh akun bernama Andi Teposs, pada Kamis (23/6/2016) pukul 07.17 WIB. Pada hari yang sama pada pukul 17.57, akun Andi Teposs juga mempublikasi, bahwa kakek malang tersebut telah mendapatkan bantuan dari salah satu lembaga sosial.

Baca juga: Kakek Karep Diusir Keluarga Gara-gara Mengidap Kanker Kulit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com