Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukit di Gunung Kidul Longsor, Satu Rumah Warga Rusak

Kompas.com - 23/06/2016, 14:25 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

GUNUNG KIDUL, KOMPAS.com - Satu rumah warga di Dusun Karang Pilang Kidul, Desa Rejosari, Kecamatan Semin, Gunung Kidul, rusak setelah tertimpa material longsoran pada Rabu (22/6/2016) malam.

Selain menimpa rumah, material longsoran juga menutup akses jalan antardusun.

"Kemarin sore memang turun hujan sampai malam hari," ujar Kepala Pelaksana BPBD Gunung Kidul, Budhi Harjo, saat dihubungi, Kamis (23/6/2016).

Budhi mengungkapkan, guyuran hujan dari sore sampai malam hari mengakibatkan bukit longsor. Material longsoran menimpa bagian rumah milik Warto Paijan (65), warga Karang Pilang Kidul, Desa Rejosari, Kecamatan Semin, Gunung Kidul, hingga menyebabkan kerusakan.

"Sekitar pukul 20.30 WIB. Material mengenai bagian belakang rumah hingga menyebabkan kerusakan," ungkapnya.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tanah longsor ini. Sebab, pemilik sudah meninggalkan rumah ketika hujan turun cukup deras dan lama sehingga berpotensi terjadi tanah longsor.

"Saat ini penghuni rumah tinggal di tempat tetangga," tandasnya.

Menurut dia, selain menimpa rumah, material longsoran juga menutup akses jalan antardusun. Setelah mendapat laporan adanya peristiwa tanah longsor, lanjutnya, pihaknya langsung mengirimkan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD untuk membantu proses evakuasi.

"Pagi tadi tim gabungan TRC BPBD, Tagana, kepolisian, TNI, dan masyarakat membersihkan material yang menutup jalan," ucapnya.

Menurut dia, pihaknya pagi tadi juga sudah melihat kondisi bukit yang longsor. Hal ini dilakukan untuk menentukan langkah-langkah penanganan ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com