Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minim Komputer dan Operator, Banyak Sekolah Belum Bisa Buka Pendaftaran "Online"

Kompas.com - 18/06/2016, 09:39 WIB
Fabio Maria Lopes Costa

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com - Sebanyak enam sekolah di Kota Jayapura, Ibukota Provinsi Papua, membuka Penerimaan Peserta Didik Baru melalui jalur online pada 27 Juni hingga 2 Juli mendatang. Hal ini disebabkan minimnya sarana prasarana dan sumber daya manusia yang memadai.

Data dari Dinas Pendidikan Kota Jayapura, enam sekolah yang membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) melalui jalur online adalah SMP Negeri 2, SMP Negeri 1, SMP Negeri 5, SMA Negeri 2, SMA Negeri 4, dan SMK Negeri 1.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Jayapura Deborah Rumino mengatakan, hanya enam sekolah yang membuka PPDB secara online karena minimnya jumlah komputer dan tenaga operator.

“Banyak sekolah yang belum memiliki sarana komputer dengan jumlah yang memadai,” kata Deborah ketika ditemui di Jayapura, Jumat (17/6/2016).

Dia pun menyatakan, Dinas Pendidikan Kota Jayapura berencana menambah anggaran penyediaan sarana dan pelatihan guru pada tahun depan. Tujuannya agar meningkatkan jumlah sekolah yang membuka PPDB via online.

Kepala Sekolah SMP Negeri 14 Koya Koso Yance Krenak mengatakan, pihaknya belum dapat membuka PPDB karena belum memiliki komputer yang khusus untuk kegiatan tersebut.

“Selama ini para guru hanya membawa laptop untuk bekerja di sekolah. Padahal, kami sangat berharap dengan adanya pembukaan pendaftaran via online dapat bermanfaat bagi calon pelajar yang bermukim sangat jauh dari sekolah,” kata Yance.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com