Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WNI Korban Kecelakaan di Amerika Serikat Akhirnya Dimakamkan

Kompas.com - 03/06/2016, 11:34 WIB
Budiyanto

Penulis

SUKABUMI, KOMPAS.com - Setelah ditunggu sebulan, akhirnya jenazah almarhum Yayan Royani (38) tiba di kampung halamannya Kampung Gandasoli RT 02 RT 10 Desa Cipurut, Kecamatan Cireunghas, Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (3/6/2016) dini hari.

Almarhum Yayan Royani merupakan salah satu dari tiga korban meninggal dunia dalam kecelakaan lalu lintas di Missisipi, Amerika Serikat, Minggu (2/5/2016) sekitar pukul 21:00 waktu setempat.  (Baca: Kecelakaan Lantas di Mississippi, Tiga WNI Tewas dan Dua Luka-luka )

Saat tiba di rumah duka, jenazah sempat disambut isak tangis keluarga. Saat peti jenazah dibuka untuk diperlihatkan kepada keluarga dan kerabat, istri korban, Desi Kurnia Susanti (30) sempat pingsan beberapa saat.

Setelah dishalatkan di Masjid Al Mujahidin, almarhum yang bekerja sebagai pramu saji di rumah makan Jepang di Amerika itu langsung dimakamkan di taman pemakaman umum (TPU) Kampung Gandasoli desa setempat.

Ratusan warga ikut menyolatkan dan mengiringi almarhum hingga ke tempat peristirahatan terakhirnya. Almarhum Yayan meninggalkan seorang istri dan seorang anak laki-laki bernama Abdurrahman Doni yang menginjak usia 6 tahun.

"Kami keluarga sudah menerimanya secara ikhlas, dan peristiwa ini merupakan takdir Allah. Makanya kami serahkan semuanya pada Allah," ungkap ayahanda Desi Kurnia Susanti, Dadun Firmansyah kepada Kompas.com usai pemakaman.

Dadun juga mengucapkan terimakasih setinggi-tingginya kepada semua pihak yang ikut terlibat baik langsung maupun tidak langsung dalam proses pemulangan jenazah almarhum Yayan Royani.

"Kami sekeluarga juga ingin menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak. Juga kepada Kemenlu, Kedutaan Indonesia yang ada di Amerika Serikat, dan banyak lainnya tidak bisa disebutkan satu persatu," ujar dia.

Hal senada juga diungkapkan istri almarhum Yayan Royani, Desi Kurnia Susanti. Dia mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah membantu pemulangan jenazah suaminya hingga ke tanah air, Indonesia dan kampung halamannya.

"Saya berterimakasih kepada semua pihak yang sudah membantu pemulangan jenazah suami saya. Juga kepada Ibu Calista di KJRI di Amerika dan para pejabat Kemenlu serta teman-teman almarhum yang ada di Amerika yang sudah mendonasikan dana untuk pemulangan jenazah suami saya," ucap Desi. (baca: Keluarga Menunggu Pemulangan Jenazah Korban Kecelakaan di Amerika Serikat )

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com