Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Orang Tewas Saat Menguras Sumur

Kompas.com - 30/05/2016, 15:01 WIB
Kontributor Pasuruan, Moh. Anas

Penulis

PASURUAN, KOMPAS.com — Tiga orang asal Dusun Krajan, Desa Oro-oro Ombo Wetan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan, tewas seketika di dalam sumur milik Suwarno (45) dengan kedalaman 10 meter, Senin (30/5/2016).

Tiga korban tewas yakni Didik Isdianto (32), Junaidi (30), dan Sunaiyah (33). Dugaan sementara dari pihak kepolisian setempat, ketiganya meninggal karena menghirup gas di dalam sumur.

"Dugaan sementara, mereka lemas dan keracunan saat di dalam sumur," ujar Kapolsek Rembang AKP B Sucahyono.

Kejadian tersebut berawal saat Suwarno, pemilik sumur, meminta Didik untuk menguras sumur karena airnya sudah keruh. Karena Didik yang sudah berprofesi membuat dan menguras sumur, dia sudah mengecek kondisi sumur sebelum dikuras dengan menggunakan mesin diesel, selang diesel, dan tangga.

Saat mencoba memperbaiki selang yang putus, Didik langsung masuk sumur. Tiba-tiba dia lemas dan meminta tolong pada Junaidi yang berada di atasnya. Tak lama kemudian, Junaidi pun menyusul dengan menuruni anak tangga dan tali.

"Naas, Junaidi saat masuk sumur juga lemas dan tak sadarkan diri. Melihat adiknya yang butuh pertolongan, Sunaiyah pun mencoba mengangkat, tetapi justru juga meninggal dalam sumur," terang Sucahyono.

Adapun upaya yang dilakukan pihak kepolisian yakni mengevakuasi dengan melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan dan tim SAR.

"Agar tidak menimbulkan korban jiwa lagi, ya kita minta warga di sini tidak boleh masuk ke sumur. Cukup petugas dari tim SAR dan BPBD," tegasnya.

Sementara itu, dari pantauan Kompas.com, pengangkatan tiga jasad mengalami kesulitan karena diameter sumur hanya satu meter. Sedangkan petugas yang masuk sumur silih berganti dengan menggunakan tabung oksigen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com