Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Saat Jam Kerja, Pegawai Enggak Boleh 'Download' Film..."

Kompas.com - 29/04/2016, 18:08 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com — Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menargetkan, 41 desa percontohan Smart Kampung di Kabupaten Banyuwangi akan tersambung dengan fiber optik.

Hal tersebut disampaikan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas kepada Kompas.com, Jumat (29/4/2016).

"Selama beberapa bulan trial and error, ada yang bilang jaringannya sering gangguan. Ternyata, saat dicek, ada pegawai yang lagi download film. Jadi, saat jam kerja, pegawai enggak boleh download film agar jaringan semuanya lancar," kata Anas.

Untuk itu, Anas mengaku telah bertemu dengan jajaran eksekutif senior Telkom serta melakukan koordinasi dengan tim dari Dishubkominfo.

"Maksimal awal Juni 2016, program Smart Kampung sudah siap di desa yang menjadi pilot project. Awalnya 24 desa, tetapi kami perbanyak 41 desa," ungkapnya.

Nantinya, dengan program Smart Kampung, balai desa juga menjadi pusat aktivitas warga, baik aktivitas seni budaya, kesehatan, maupun kegiatan ekonomi produktif.

Anas juga menjelaskan, dengan ketersediaan infrastruktur fiber optik, lalu lintas data dari desa ke kabupaten akan lebih cepat sehingga memudahkan masyarakat.

"Kami ingin ratakan infrastruktur teknologi, bukan hanya desa yang ada di kota besar. Jadi, pilot project Smart Kampung, kami juga masukkan desa-desa yang jauh, seperti desa yang ada di Purwoharjo, Pesanggaran, Wongsorejo, Glenmore, Siliragung, Muncar, dan beberapa lagi," kata Anas.

Pada perubahan APBD 2016, melalui peraturan bupati, tambahan alokasi dana desa dari pemerintah kabupaten akan dialokasikan untuk membeli bandwidth dengan biaya rata-rata Rp 10 juta per tahun untuk setiap desa.

Anggaran tersebut di luar dana alokasi yang dikeluarkan sendiri oleh Pemkab Banyuwangi senilai Rp 2 miliar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com