Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumur Semburkan Lumpur, Satu Rumah Rusak

Kompas.com - 25/04/2016, 18:50 WIB
Masriadi

Penulis

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com - Sebuah sumur bor milik Sulaiman Thayeb (46), warga Desa Blang Aman, Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara, Senin (25/4/2016) menyemburkan lumpur bercampur gas ke udara setinggi 30 meter.

Peristiwa itu bermula saat sumur dibor oleh dua pekerja, yaitu Jafar Cut dan Hasbullah, dengan kedalaman 30 meter. Tiba-tiba terdegar suara gemuruh. Tak lama kemudian, lumpur berbau gas menyembur dari sumur itu setinggi 30 meter.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun sejumlah pohon kelapa dan dapur rumah milik Sulaiman rusak parah.

Sulaiman menjelaskan, sebelum kejadian, ia bersama anaknya berada di dalam rumah.

"Setelah mendegarkan dentuman sebanyak tiga kali dari belakang rumah, saya keluar rumah dan terlihat lumpur di udara," jelasnya.

"Perabotan rumah saya sudah tertimbun lumpur, setebal 30 sentimeter, dan kami ketakutan atas kejadian itu," kata Sulaiman.

Kejadian tersebut kemudian dilaporkan ke Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh

Sementara itu, Kabag Ops AKP Edwin Aldro mengatakan, pihaknya telah memasang garis polisi di lokasi kejadian agar warga tidak mendekat.

“Kita khawatir semburan lumpur tersebut yang diduga mengandung gas beracun terkena warga. Kita sudah menghubungi pihak Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Aceh Utara,“ pungkas AKP Edwin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com