Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wali Kota Makassar Akan Lantik Pejabat di Pemakaman

Kompas.com - 25/04/2016, 05:15 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bakal melantik sejumlah pejabat eselon II atau kepala satuan kerja perangkat daerah di Taman Makam Pahlawan Panaikang.

Awalnya Ramdhan akan melantik para pejabat itu di samping liang lahat tempat pemakaman umum (TPU) Sudiang Makassar. Namun, setelah mendengar saran dari tokoh agama setempat, hal itu urung dilakukan.

"Pelantikannya hanya akan kita pindahkan, kalau awalnya di samping lubang kuburan di TPU Sudiang, kita pindahkan ke TMP (Taman Makam Pahlawan) Panaikang," ujar Ramdhan di Makassar, Minggu (24/4/2016).

Pemindahan lokasi pelantikan itu dilakukan setelah Ramdhan mendapat saran dari Sanusi Baco, salah satu ulama setempat.

Menurut Sanusi, pelantikan di samping liang lahat di TPU merupakan sesuatu yang sangat di luar kewajaran karena liang lahat hanya diperuntukkan bagi warga yang telah meninggal dunia.

"Kita sangat menghargai itu, karenanya kita pindahkan ke TMP. Ini semua ada hikmahnya. Temanya tetap di kuburan, tapi lebih disempurnakan lagi, jadi kita pindahkan ke TMP," ucapnya di rumah jabatannya.

Jumat pekan lalu, Ramdhan memerintahkan para penggali kuburan untuk membuat liang lahat untuk pelantikan para pejabatnya. Lokasi itu dipilih semata-mata untuk mengingatkan para pejabatnya itu akan hari akhir.

Ramdhan tidak ingin pejabat yang dipilihnya itu lalai dari tanggung jawabnya sebagai abdi negara dan bertugas memberikan pelayanan yang adil dan prima kepada masyarakat.

Ia juga ingin mengingatkan bahwa jabatan yang diamanahkan itu tidak akan bertahan lama dan tidak akan dibawa mati.

"Ini agar mereka ingat bahwa kematian itu sangat dekat dengan kita. Supaya mereka sadar bahwa di dunia ini, kita hanya perlu mencari amalan dan berguna untuk orang banyak, bukan untuk membuat susah masyarakat," katanya.

Rencana semula, para pejabat akan berdiri di samping liang lahat masing-masing. Akan ada kuliah umum tujuh menit (kultum) dari dirinya dan rohaniawan sebelum pelantikan digelar.

Belum diketahui kapan dan siapa yang akan dilantik di tempat itu. Ramdhan menyatakan bahwa pelantikan itu akan segera dilakukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com