Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Terancam Tertimbun Longsor, Warga Masih Enggan Dievakuasi

Kompas.com - 22/04/2016, 10:28 WIB
Suddin Syamsuddin

Penulis

ENREKANG, KOMPAS.com - Akibat hujan deras sejak tiga hari lalu, longsor terjadi di Desa Parombeang, Kecamatan Curio, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Sekitar lima dusun dilanda longsor, namun banyak warga yang enggan dievakuasi.

"Kami masih terus melakukan upaya evakuasi," kata Rahman, Kepala Desa Parombeang, Jumat (22/4/2016).

Pasalnya, ratusan rumah warga yang berada di bawah kaki Gunung Sinaji, Pegunungan Latimojong, Kabupaten Enrekang, terancam tertimbun longsor, sedangkan sejumlah jalan di Desa Potos sudah tertimbun tanah.

"Tanah di Desa Parombeang di sini labil. Jika kita naik ke rumah warga, kadang terasa bergeser," ujar Sawalia Baharuddin, Kadis Sosial Tenaga kerja dan Transmigrasi, di lokasi bencana.

(Baca juga: Longsor, Ratusan Orang di 5 Dusun Terisolasi)

Menurut Sawalia, tiga posko akan disatukan di Parombeang untuk menyatukan para korban pengungsi.

"Sesuai perintah Bapak Bupati Enrekang, alat berat sudah kita siapkan. Mereka sudah bekerja, membersihkan lumpur di jalan untuk akses jalan ambulans dan dapur umum," ucap Sawalia.

"Beras 1,5 ton akan datang hari ini. Selain itu, juga sudah kami distribusikan tenda, matras, pakaian dan selimut. Selain itu, kita juga telah distribusikan sarden atau makanan kaleng lainnya," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com