Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Wings Air Tabrak Rambu Bandara di Kupang

Kompas.com - 06/04/2016, 00:06 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com – Pesawat Wings Air PK-WGM jenis ATR 72-600 yang mengangkut 40 orang penumpang tujuan Kupang – Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa tenggara Timur (NTT), menabrak rambu di dalam Bandara El Tari Kupang.

Saat itu pesawat sedang melakukan push back keluar dari apron bandara.

Akibatnya bagian ekor badan pesawat yang dipiloti oleh Kapten Agus Ma'aruf mengalami robek.

Para penumpang yang sudah berada di dalam pesawat, diperintahkan untuk turun dan kembali ke ruang tunggu guna perbaikan pesawat.

General Manejer Angkasa Pura I El Tari Kupang Mahyudin, kepada sejumlah wartawan di Kupang, Selasa (5/4/2016) mengatakan, demi keselamatan penumpang, pilot pun mengambil keputusan untuk membatalkan penerbangan.

"Biar bagaimanapun kita utamakan keselamatan penumpang. Kami sudah laporkan ke pihak otoritas bandara terkait kejadian ini, dan KNKT mudah-mudahan dalam waktu dekat, dapat berkunjung ke El Tari Kupang untuk menindak lanjuti laporan kami, sehingga bisa disampaikan fakta-fakta faktor penyebabnya,” kata Mahyudin.

Menurut Mahyudin, di ekor pesawat terdapat sedikit robekan sekitar 10-15 sentimeter.

Mahyudin mengatakan, insiden itu tidak menganggu rute penerbangan, baik menuju bandara maupun keluar dari Bandara El Tari Kupang.

Adapun pesawat Wings Air masih terparkir di apron bagian barat bandara, sambil menunggu KNKT dan juga dalam proses perbaikan badan pesawat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com