Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Kuat "Nanjak", Truk Mundur hingga Nyaris Tabrak Pengendara Lain

Kompas.com - 10/03/2016, 21:32 WIB
Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com — Akibat tak kuat menanjak, sebuah truk bermuatan 15 ton nyaris menabrak warga dan pengendara di jalan pendakian Marambeau, Desa Karya Bersama, Kecamatan Pasangkayu, Mamuju Utara, Sulawesi Barat, Kamis (9/3/2016).

Peristiwa itu berlangsung ketika truk yang tengah membawa minuman kemasan itu melaju dari arah Makassar menuju Kota Palu, Sulawesi Tengah. Truk itu diduga kelebihan beban sehingga sulit melewati tanjakan di jalan trans-Sulawesi tersebut.

Sopir truk, Suharto, terus memaksa truk tersebut untuk naik dengan mengganti roda gigi. Namun, ia gagal memindah perseneling sehingga truk justru mundur. Sejumlah minuman kemasan yang dimuat di truk berhamburan di jalan.

"Saat menanjak, tiba-tiba persenelingnya tak bisa pindah. Karena muatannya berat, truk akhirnya jalan mundur," kata Suharjo.

Untuk menghindari tabrakan dengan rumah warga ataupun kendaraan di belakangnya, sopir membanting setir hingga truk menutup separuh badan jalan. Truk pun nyaris terbalik.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun, arus lalu lintas sempat macet. Tidak ada petugas pengatur lalu lintas di jalan tikungan tersebut sehingga pengemudi lain harus lewat dengan hati-hati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com