Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Status Gunung Lokon Naik Menjadi Siaga III

Kompas.com - 08/03/2016, 11:56 WIB

TOMOHON, KOMPAS.com - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Bandung kembali menaikkan status Gunung Lokon di Kota Tomohon, Sulawesi Utara, menjadi Siaga III. Status ini berlaku sejak pukul 02.00 Wita hari ini.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Lokon dan Mahawu di Kakaskasen, Farid Ruskanda Bina mengatakan, perubahan status dari Waspada II ke Siaga III ini karena bertambahnya tingkat kegempaan yang berlangsung sejak Minggu (6/3/2016) hingga hari ini.

"Setelah status dinaikkan menjadi siaga, radius bahaya pun berubah menjadi 2,5 kilometer. Artinya, jangan ada aktivitas di radius ini karena membahayakan keselamatan bila terjadi erupsi tiba-tiba," kata Farid di Tomohon, Selasa (8/3/2016).

Frekuensi gempa yang masih berlangsung ini bisa berpeluang terjadi letusan. Ia meminta kepada warga untuk tidak mendekat ke pusat letusan kawah Tompaluan Gunung Lokon.

Pada 5 Februari 2016, PVMBG menurunkan status Siaga ke Waspada karena aktivitas kegempaan Lokon terus menurun. Radius bahaya pun kemudian diturunkan menjadi 1,5 kilometer dari sebelumnya 2,5 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com