Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendar Biru Kolam di Kaki Gunung Sumbing Ini Diburu Penggemar "Selfie"

Kompas.com - 06/03/2016, 08:10 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

WONOSOBO, KOMPAS.com - Suara gemericik air memecah kesunyian di kawasan kaki gunung Sumbing suatu pagi. Beberapa muda-mudi bergegas menuju sumber suara itu. Senyum kegirangan terulas diwajah mereka seolah baru saja menemukan "surga" baru.

Surga pemuas swafoto alias selfie. Ya, di sinilah Sendang Air Biru. Sendang atau kolam sumber air yang letaknya tersembunyi di Dusun Kalicecep, Desa Bajiarum, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Disebut Sendang Air Biru karena air yang mengalir begitu jernih dan memancarkan pendar kebiruan. Sendang ini berada di bawah sebuah curug atau air terjun yang tidak terlalu tinggi namun memiliki debit yang deras.

Suyatno Ahmad, salah satu perangkat desa setempat, menjelaskan warna biru yang terlihat memancar dari dalam air itu berasal dari batuan di dasar sungai. Kilau kebiruan air di permukaan sendang dengan kedalaman sekitar 3 meter tersebut memang terlihat sangat menarik.

"Terlebih ketika cuaca cerah dan sinar matahari menyinari kawasan itu, warna kebiruannya telihat jelas dan sangat indah," katanya, Minggu (6/3/2016) pagi.

Tidak heran jika saat ini lokasi ini menjadi populer di kalangan penggemar swafoto. Setiap harinya, tak kurang dari 20 orang berkunjung ke sendang yang berada di aliran sungai Kawung tersebut.

"Kalau akhir pekan bisa sampai ratusan pengunjung," sebut Suyatno.

Warga pun mulai berbenah demi menambah kenyamanan bagi para pengunjung. Dalam waktu dekat, area untuk parkir kendaraan juga akan disediakan, tak jauh dari lokasi.

Tidak sekedar sebagai sebagai background foto, Sendang Air Biru juga memancing pengunjungnya untuk mandi berendam sepuas-puasnya. Hal yang jarang ditemui di kota-kota besar.

"Untuk para pengunjung yang hendak mandi atau berendam, kami mengingatkan agar mereka memperhitungkan cuaca, karena aliran air bisa tiba-tiba deras ketika hujan turun," kata Suyatno.

Pihaknya tengah menyiapkan beberapa papan berisi imbauan maupun petunjuk bagi para pengunjung sendang biru Kalicecep untuk mengantisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Ambar (16), salah satu pengunjung menuturkan baru pertama kali berkunjung ke Sendang Air Biru. Ia mengaku penasaran karena belakangan banyak teman-temannya yang mengunggah foto selfie di media sosial dengan latar tempat ini.

"Ternyata benar, indah, pendar biru sudah terlihat dari kejauhan, sekitar 20 meter di bawahnya, sehingga kami benar-benar dibuat takjub," kata dia.

Pelajar putri salah satu SMK di Wonosobo tidak sendirian, ia datang bersama lima temannya ke Kalicecep. Jernihnya air sendang, membuat ia dan teman-temannya pun langsung ber-selfie ria dengan berbagai pose berlatar belakang curug.

"Sayangnya tadi tidak mempersiapkan baju ganti sehingga tidak bisa berendam," sesal Ambar.

Erwin (30) pengunjung lainnya juga terlihat asik memotret berbagai spot di Sendang AIr Biru. Pria asal Selomerto yang datang bersama teman-teman fotografer tersebut mengakui keindahan dan kesegaran air sendang.

Menurut dia, lokasi ini cukup menarik sebagai objek fotografi. Terlebih lokasi ini masih sangat alami dan eksotis. "Layak jadi objek foto, indah dan eksotis," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com