Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yasonna: Istri Labora Sitorus Sudah Kita Amankan untuk Ditanyai

Kompas.com - 04/03/2016, 19:28 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com -  Menteri Hukum dan HAM Yasona H Laoly mengatakan saat ini istri Labora Sitorus sudah diamankan untuk dimintai keterangan menyusul kaburnya Labora saat akan dieksekusi, Jumat (4/3/2016).

Hari ini, tim gabungan hendak menjemput Labora untuk proses pemindahan terpidana kasus pencucian uang dan pembalakan liar dari kediamannya di Sorong, Papua ke Lapas Cipinang, Jakarta.

"Istrinya sudah diamankan untuk ditanyai kemana kaburnya dia. Sekarang rumahnya sudah dipasang police line," kata Yasona, Jumat (4/3/2016) sore, usai meresmikan Kantor Imigrasi Kelas III Ketapang di Kakanwil Kemenkumham, Pontianak, Kalbar.

(Baca: Labora Melarikan Diri Saat Akan Dipindahkan ke LP Cipinang )

Operasi penangkapan tersebut, kata Yasona, sudah dipersiapkan lebih dari 10 hari. Pihaknya pun sudah melakukan koordinasi dengan Kapolda, Pangdam, dan Kepala BIN Daerah untuk melakukan operasi penangkapan tersebut.

"Tim sudah lebih dari 10 hari berada disana. Ada tim kita dari Jakarta, kerjas ama dengan Kapolda, Pangdam, dan Kabinda" kata Yasona.

"Tadi pagi dilakukan operasi melakukan penangkapan, yang melibatkan ratusan personil, tapi rupanya dia sudah lari", tambahnya.

(Baca: Kapolri: Tanya Menkumham kenapa Labora Kabur?)

Meski sudah mengerahkan ratusan personil untuk menangkap Labora Sitorus, terpidana kasus pencucian uang dan pembalakan liar tersebut berhasil melarikan diri. Oleh karena itu, Yasonna mencurigai ada oknum yang membantunya kabur.

Akan tetapi, Yasonna tidak menjelaskan secara spesifik siapa oknum yang dicurigai tersebut. Saat ini, Kementerian Hukum dan HAM sedang diselidiki terkait keterlibatan oknum tersebut.

"Kita sudah lapor ke Wakapolri dan Wakapolda untuk mengambil langkah-langkah, dan sudah dinyatakan sebagai DPO," kata Yasonna.

Kompas TV Aparat Geledah Perusahaan Milik Labora

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com