Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Rumah di Kendal Tergenang Banjir

Kompas.com - 01/03/2016, 18:56 WIB
Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Hujan yang turun sejak Senin (29/2/2016) malam hingga Selasa (1/3/2016) sore hari ini membuat Kali Kendal tak mampu lagi menampung debit air.

Akibatnya, air sungai meluap dan menggenangi ratusan rumah yang ada di Kecamatan Kendal, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Ketinggian air mencapai 30- 40 sentimeter.

Genangan air paling tinggi berada di Kelurahan Kalibuntu. Menurut salah satu warga setempat, Sumaryati, banjir diakibatkan sungai meluap akibat debit air yang melimpah.

Selama sebulan terakhir ini, aku Sumaryati, di daerahnya sudah lima kali banjir menggenangi kampungnya.

“Air mulai menggenangi permukiman warga, Selasa dini hari. Kemudian menjelang fajar, air mulai masuk ke rumah-rumah warga yang letaknya lebih rendah dari badan jalan,” kata Sumaryati.

Hal senada juga dikeluhkan warga lain, Susanto. Dia mengatakan, banjir akibat sungai meluap sudah sering terjadi. Terutama ketika hujan turun seharian.

Ia mengaku, hingga kini belum ada warga yang mengungsi, karena tinggi air masih belum mengkhawatirkan.

“Kalau hujan sudah terang, biasanya sekitar 5 jam kemudian air akan surut,” kata Susanto.

Banjir akibat luapan Sungai Kendal selain menggenangi Kelurahan Kalibuntu juga merendam rumah di enam kelurahan, yakni Kelurahan Langenharjo, Kebondalem, Ngioir, Bandengan, Pekatman, dan Kelurahan Pegulon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com