Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Eks Anggota Gafatar Kaltim Dikembalikan ke Keluarga

Kompas.com - 25/02/2016, 19:29 WIB
Yamin Abdul Hasan

Penulis

TERNATE,KOMPAS.com - Sebanyak 5 eks anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) dari Kalimantan Timur (Kaltim) tiba di Ternate, Maluku Utara Kamis (25/2/2016) pagi tadi dengan pesawat Sriwijaya Air.

Kedatangan mereka dikawal kepolisian dari Polres Ternate. Dari Bandara Babullah Ternate, mereka dibawa ke Mapolres Ternate untuk diminta keterangan sebelum dikembalikan ke pihak keluarga masing-masing.

Kapolres Ternate AKBP Kamal Bachtiar menjelaskan, kelima orang tersebut adalah eks anggota Gafatar dari Kalimantan Timur. Mereka semuanya berasal dari Ternate dan Kabupaten Kepulauan Sula. Yang berasal dari Ternate merupakan anggota satu keluarga, diantaranya M. Saleh alias Aco (27), Marvianti alias Iya (22) serta putra mereka yaitu Rahmat Ibnu Kamil.

Sementara dua lainnya asal Kabupaten Kepulauan Sula yaitu Hanafi Selfia, S.Pd (27) serta Gahril.

“Mereka berada di Kalimantan Timur tepatnya Kabupaten Kutai Barat selama 6-7 bulan. Selanjutnya yang satu keluarga tadi akan kita kembalikan ke pihak keluarga mereka di Ternate. Sementara yang dua dari Kepulauan Sula untuk sementara masih kita titipkan di Ternate sambil menunggu perkembangan selanjutnya,” kata Kapolres.

Kapolres menambahkan, meski sudah dikembalikan ke pihak keluarga namun aktifitas mereka tetap dalam pemantauan.

Diperkirakan masih ada beberapa eks anggota Gafatar asal Maluku Utara yang akan tiba di Ternate.

Di Ternate sendiri, kata Kapolres, keberadaaan Gafatar sudah tidak ada sejak dinyatakan sesat dan menyesatkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maluku Utara pada 27 Maret 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com