Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batuan Karang Diduga Struktur Benteng Ditemukan di Gorontalo

Kompas.com - 24/02/2016, 15:05 WIB
Rosyid A Azhar

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com – Sebuah struktur batuan karang berserakan ditemukan di kompleks perbentengan Otanaha, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo, Rabu (24/2). Struktur ini tersembunyi karena banyaknya tanaman perdu meskipun berada di permukaan.

Struktur ini ditemukan oleh Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya Gorontalo saat akan melakukan delinasi untuk pembuatan zonasi.

Hingga berita ini dibuat, tim masih melakukan pembersihan semak dan pepohonan.

Meskipun terlihat berserakan, struktur batuan yang ditemukan masih memiliki pola dan beberapa yang terlihat masih ada spesi yang merekatkan beberapa batuan karang.

“Posisi temuan struktur batuan ini berada di bagian selatan perbentengan Otanaha. Kami belum mengetahui apakah ini merupakan sebuah struktur benteng seperti Otanaha, Otahiya dan Ulupahu,” kata Faiz, anggota tim Balai Cagar Budaya Gorontalo yang turun lapangan.

Faiz membeberkan kemungkinan lain adalah lokasi tersebut sebagai tempat pengumpulan material yang akan digunakan membangun 3 benteng di atasnya. Material berupa batu karang berserak pada satu lokasi. Kemungkinan lainnya adalah lokasi sumber pengambilan material benteng-benteng yang ada.

“Masih diperlukan penelitian lebih lanjut, namun temuan ini sangat berarti” papar Faiz.

Di kompleks ini juga ditemukan kerang laut besar yang membatu dan menempel pada batuan lain yang diikat oleh spesi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com