Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternate Jadi Pusat Rehabilitasi HIV Indonesia Timur

Kompas.com - 20/02/2016, 18:36 WIB
Kontributor Ternate, Fatimah Yamin

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com - Panti sosial di Ternate, Maluku Utara, akan beralih fungsi menjadi panti rehabilitasi penderita HIV (Human Immunodeficiency Virus).

Panti Sosial Bina Pasca Lara Kronis (PSBPLK) Wasana Bahagia, rencananya akan berubah jadi panti khusus HIV.  

"Tahun ini ada tiga daerah di Indonesia yang akan dijadikan layanan rehabilitasi HIV," kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa di Ternate, Sabtu (20/02/2016)

Untuk wilayah Sumatera akan dipusatkan di Medan, di Jawa yaitu di Sukabumi dan di Indonesia Timur yaitu di Ternate, Maluku Utara.

“Kami sementara exercise apakah Ternate memungkinkan untuk bisa dijadikan panti resort HIV," lanjut Khofifah.

Dia berjanji, akan melakukan koordinasi dengan pemkot dan pemprov supaya manfaatnya bisa bersinergi dengan kebutuhan daerah yang mendapatkan fasilitas ini.

Jika langkah ini mendapatkan izin dari pemerintah daerah terkait, maka perubahan fasilits tersebut akan dimulai pada Juli mendatang.

Khofifah menambahkan, pembangunan panti rehabilitasi HIV ini termaktub dalam UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Saat ini, data Kementerian Sosial menunjukkan bahwa jumlah penderita HIV/AIDS tertinggi berada di provinsi Papua, dengan total 24.000 jiwa.

Kementerian Sosial sedang mendata, apakah jumlah penderita yang begitu besar di provinsi Papua bisa ditampung di Ternate.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com