Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis Malaysia-Singapura Kunjungi Bandung 4 Kali dalam Setahun

Kompas.com - 14/02/2016, 09:29 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Dalam setahun, sedikitnya empat kali wisatawan asal Malaysia dan Singapura datang ke Bandung. Ini memperlihatkan isu terorisme dan ekonomi global pengaruhnya kecil sekali terhadap tingkat kunjungan wisata di Bandung.

"Teror di Jakarta kemarin dan isu global tidak ada pengaruhnya terhadap kunjungan wisatawan asing ke Bandung. Kalaupun ada pengaruhnya sangat kecil," ujar Jack Febrian, penanggung jawab Bandung Award 2016 di Bandung, Minggu (14/2/2016).

Misalnya, kunjungan wisatawan asing selama 2015. Orang Malaysia dan Singapura tergolong cukup sering ke Bandung, sekitar empat kali dalam setahun. Prestasi ini salah satunya disebabkan pelaku usaha yang berhasil menjaga kepuasan wisatawan yang berkunjung ke tanah Pasundan.

Untuk menjaga dan menumbuhkan kualitas pelaku usaha ini pula, digelar Bandung Award belum lama ini. Peningkatan kualitas mutlak diperlukan. Apalagi, kini sudah memasuki Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Walaupun sebenarnya, pelaku usaha bidang pariwisata sudah siap dari jauh-jauh hari.

“Tingkat kepuasan pengunjung yang datang ke tanah Pasundan cukup tinggi. Karena prestasi itu, pelaku industri pariwisata mendapat penghargaan di ajang Bandung Award 2016,” ucapnya.

Selain itu, Bandung Award menjadi wadah untuk mempertemukan pelaku pariwisata dari berbagai sektor. Mulai dari perhotelan, restoran dan usaha wisata lainnya.

“Ini jarang dilakukan di kota-kota besar termasuk di kota Bandung. Kita memberikan penghargaan kepada pemerintah, swasta termasuk juga kepada polisi pariwisata," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com