Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Dipulangkan, Eks Gafatar Baca Syahadat

Kompas.com - 01/02/2016, 10:50 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Sebanyak 195 eks anggota Gafatar asal Jawa Barat hari ini, Senin (1/2/2016), dipulangkan ke daerah masing-masing. Sebelum dipulangkan, mereka dibimbing dengan membaca dua kalimat syahadat.

Pembacaan kalimat syahadat dibimbing oleh perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat, KH Rafani Achyar.

Rafani berdiri di depan ratusan warga dan meminta perwakilan eks Gafatar maju ke depan.

Sebanyak lima orang dewasa, laki-laki dan perempuan, serta seorang anak berdiri di hadapan perwakilan MUI, sedangkan eks Gafatar yang lainnya berdiri di tempat duduknya masing-masing.

"Astagfirullahaladzim, Astagfirullahaladzim, astaghfirullahaladzim," ucap Rafani diikuti semua eks Gafatar di gedung milik Dinas Sosial Jabar, Cimahi, Jawa Barat.

Kemudian, Rafani melanjutkannya dengan ucapan dua kalimat syahadat, diikuti para warga lainnya.

Setelah itu, warga dibimbing membacakan arti dari dua kalimat syahadat tersebut. "Saya bersaksi tidak ada Tuhan kecuali Allah dan saya bersaksi bahwasanya Nabi Muhammad adalah Rasulullah," kata dia.

Eks Gafatar terlihat ikut membacakan dua kalimat syahadat. Kebanyakan dari mereka terlihat larut membacakan dua kalimat yang bermakna tentang keyakinan Muslim terhadap Tuhan dan rasulnya tersebut.

Salah satu eks Gafatar, Amalia, mengaku biasa saja saat membaca kalimat syahadat. Ia mengetahui bahwa Allah adalah Tuhan dan Muhammad adalah rasul. "Jadi, biasa saja," ucapnya.

Amalia mengatakan, mungkin ada beberapa orang yang meminta pembacaan syahadat dimasukkan dalam acara kali ini. Namun, buatnya sendiri, itu hal biasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com